Table of Contents
Subscribe to Insights and Updates

3 Manfaat Blog Bisnis untuk Media Branding, Bisa Bangun Awareness

Produksi konten oleh sebuah brand akan bermanfaat bagi audiens yang spesifik dan terdefinisi. Salah satu caranya adalah dengan membuat blog bisnis. Pasalnya, blog memiliki peran penting untuk menargetkan pelanggan yang Anda inginkan sekaligus branding

Manfaat Blog Bisnis untuk Media Branding

Ada beberapa manfaat blog bisnis untuk media branding. Apa saja? Simak ulasannya di bawah ini. 

1. Bangun Awareness

Membangun kesadaran pelanggan terhadap sebuah brand menjadi kunci penting pada blog bisnis. Sebabnya, pelanggan lebih banyak menggantungkan sumber informasi terpercaya serta opini dari pelanggan lain, termasuk review produk atau jasa brand Anda. 

Makin positif review terhadap sebuah brand, makin tinggi pula brand awareness-nya. Oleh karena itu, blog yang menampilkan informasi solutif, terpercaya, dan relate dengan pelanggan akan menambah kepercayaan dan potensi penjualan di samping membangun brand awareness

Tentunya, hal tersebut bisa Anda lakukan dengan cara: 

  • Menulis konten untuk manusia, bukan robot. Masih ingat dengan tiga kesalahan saat menulis blog perusahaan
  • Berinteraksi di media sosial atau kolom komentar di blog.
  • Bercerita atau lakukan storytelling.
  • Buatlah konten yang mudah dibagikan ke banyak orang. 
  • Bagikan konten yang berupaya memberikan solusi atas persoalan masyarakat.
  • Mengedepankan prinsip SEO saat menulis blog bisnis. Ada tiga manfaat yang menanti.

2. Wadah untuk Rilis Pers

Selain digunakan untuk membangun brand awareness, blog bisnis juga dapat menjadi wadah untuk rilis pers. Dalam hal ini, rilis pers tentu berbeda dengan artikel blog. Namun, sebuah blog dapat menjadi wadah untuk menerbitkan rilis pers. Anda dapat membagikan berita terbaru perusahaan melalui blog, yang akan diakses publik dengan mudah.

Dirangkum dari laman Forbes, rilis pers dan artikel blog sama-sama berkontribusi melacak blog bisnis Anda dengan SEO atau Search Engine Optimization. Bedanya, rilis pers berfokus pada informasi yang bersifat pengumuman atau berita. 

Sedangkan, artikel blog fokusnya adalah untuk memecahkan masalah pembaca, mengedukasi, menghibur, hingga menjelaskan penggunaan produk atau jasanya. Berbeda jauh, bukan? 

3. Sumber Traffic dari dan ke Media Sosial

Terakhir, sebuah blog bisnis dapat menjadi sumber traffic dari atau ke media sosial. Blog Anda mampu menjadi jembatan yang mengarahkan pelanggan untuk menggali identitas plus mengulik hal menarik dari brand Anda. 

Menurut laman Neil Patel, membagikan ulang konten blog Anda ke media sosial atau sebaliknya dapat memancing reaksi lebih banyak dari pembaca. Karena umumnya audiens blog dan media sosial agak berbeda, Anda harus mengemas konten untuk blog dan media sosial dengan cara yang berbeda pula.

Di blog, Anda akan lebih banyak memproduksi konten long-form atau short-form yang bersifat mengedukasi atau menjelaskan detail tertentu. Sedangkan di media sosial, Anda perlu memproduksi konten yang lebih singkat dengan mengutamakan tampilan visual.

Anda bisa membuat tema konten yang sama dengan bentuk yang berbeda untuk blog bisnis dan media sosial. Kedua konten tersebut bisa dibuat berhubungan. Selain menghadirkan informasi yang bermanfaat bagi publik, Anda bisa menambahkan call to action di kedua konten tersebut. 

Kesimpulan

Secara umum, blog bisnis penting untuk media branding karena memiliki beberapa manfaat, antara lain: 

  1. Bangun awareness
  2. Sebagai wadah untuk menerbitkan rilis pers
  3. Menjadi sumber traffic dari atau ke media sosial

Itulah beberapa manfaat blog bisnis untuk media branding. Sudah semakin yakin untuk membuat blog? Segera mulai, yuk!

Get the latest updates delivered right to your inbox!
Having a problem? Email Us: hello@radvoice.id