Beragam konten hadir dengan tujuan dan daya tarik berbeda, termasuk konten trending yang mampu menarik perhatian dengan cepat karena membahas topik yang sedang viral.
Sementara konten evergreen lebih bersifat timeless dan akan tetap relevan dalam jangka panjang.
Namun memilih antara konten trending dan konten evergreen bisa jadi tantangan tersendiri di tengah arus informasi yang semakin cepat. Keduanya punya peran yang sama penting dalam strategi konten.
Lantas, bagaimana menentukan konten mana yang lebih penting dan efektif untuk strategi Anda?
Strategi Memanfaatkan Konten Trending dan Konten Evergreen
RadVoice Indonesia menjelaskan tentang masing-masing jenis konten tersebut sebagai berikut.
Memahami Konten Trending
Konten trending umumnya mengangkat suatu topik yang baru muncul dan menarik perhatian. Misalnya perilisan film, peluncuran ponsel baru, atau isu lain yang sedang hangat dibicarakan.
Jenis konten ini banyak dipilih untuk situs media online atau berita untuk meningkatkan traffic.

Mengutip Ceralytics, jika Anda berhasil membawa topik yang sedang ngetren dengan keyword SEO yang tepat di awal kemunculannya, maka Anda bisa menjadi peringkat teratas dalam laman pencarian.
Namun setelah lonjakan tren turun, traffic Anda juga perlahan akan turun.
Meski memberi lonjakan yang cukup besar untuk traffic atau engagement Anda, konten ini biasanya akan cepat terlupakan karena hanya bertahan dalam jangka pendek.
Selain itu, tantangan membuat konten tersebut adalah momen yang tepat dan terkadang terjadi begitu saja.
Apa Itu Konten Evergreen?
Konten evergreen adalah jenis konten yang akan selalu relevan sepanjang waktu.
Mengutip DailySEO, artikel yang termasuk kategori evergreen biasanya membahas tentang tips, panduan, atau pengetahuan secara umum yang tidak berkaitan dengan tren tertentu.
Berbagai artikel yang dipublikasikan RadVoice seperti strategi optimasi alt text untuk meningkatkan traffic SEO termasuk konten evergreen.
Meski dipublikasikan pada 2024, artikel ini akan terus dibaca selama topiknya relevan.
Anda ingin mempublikasikan konten evergreen di media? Hubungi RadVoice sekarang.

Kelebihan Serta Kekurangan Konten Trending dan Konten Evergreen
Beberapa kelebihan dan kekurangan konten trending yakni sebagai berikut.
Kelebihan
- Efektif untuk menarik perhatian;
- Meningkatkan traffic dengan cepat;
- Meningkatkan engagement di media sosial;
- Meningkatkan brand awareness.
Kekurangan
- Jangka pendek karena mengikuti tren;
- Persaingan tinggi karena banyak yang membuat topik serupa yang sedang viral;
- Kurang efektif untuk SEO jangka panjang.
Sementara untuk kelebihan dan kekurangan konten evergreen sebagai berikut.
Kelebihan
- Traffic jangka panjang karena dicari audiens dalam waktu lama;
- Efektif untuk SEO;
- Hemat waktu karena tidak harus selalu diperbarui mengikuti tren.
Kekurangan
- Persaingan tinggi dalam pencarian keyword serupa di mesin pencari;
- Pertumbuhan traffic lebih lambat;
- Kurang menarik engagement di media sosial.
Konten Mana yang Lebih Penting?
Untuk melihat konten mana yang lebih penting antara konten trending dan konten evergreen, perlu mempertimbangkan tujuan dan strategi yang ingin dicapai.
Jika prioritasnya adalah menarik perhatian dengan cepat dan memanfaatkan momen, konten trending dapat menjadi pilihan.

Sementara, jika ingin fokus membangun traffic jangka panjang, konten evergreen bisa jadi lebih efektif.
Anda juga dapat menggabungkan kedua konten tersebut sebagai strategi yang dijalankan.
Konten trending bisa digunakan untuk menarik audiens baru, sedangkan konten evergreen dapat mempertahankan audiens dengan informasi yang relevan dalam jangka panjang.
Kesimpulan
Konten trending maupun konten evergreen memiliki peran penting dalam strategi konten.
Konten trending mampu menarik perhatian dan meningkatkan traffic dengan cepat, tetapi bersifat jangka pendek.
Sementara itu, konten evergreen lebih tahan lama dan efektif untuk SEO, meskipun pertumbuhan traffic-nya lebih lambat.
Strategi terbaik adalah menggabungkan keduanya: gunakan konten trending untuk menarik audiens baru dan konten evergreen untuk mempertahankan mereka dengan informasi yang selalu relevan.