5 Alasan Konten Original Lebih Disukai, Serta Cara Mudah Membuatnya

Untuk meningkatkan peringkat website SEO, Anda perlu menulis konten yang relate dan berkualitas untuk menjawab kebutuhan pembaca.

Salah satu strateginya adalah menghadirkan konten original. Mengapa? Di tengah banyaknya artikel serupa yang beredar, jenis konten ini menjadi pembeda yang membuat audiens tertarik dan bertahan lebih lama.

Konten yang original, menghadirkan sesuatu yang baru, unik, serta tepercaya tentu bisa memenangkan persaingan ini.

Lantas, apa yang dimaksud dengan konten original? Mengapa jenis konten ini lebih disukai pembaca? Berikut ulasan lengkapnya dari RadVoice Indonesia.

Apa itu Konten Original? 

konten original
Konten original adalah konten asli yang baru dan unik yang belum pernah dipublikasikan (Foto oleh Freepik)

Konten original adalah konten asli yang baru dan unik yang belum pernah dipublikasikan sebelumnya. Konten dapat terdiri dari segala jenis materi baik dalam teks, video, atau bentuk media lainnya. 

Misalnya, postingan blog dianggap original jika belum pernah dipublikasikan secara online sebelumnya. Konsep video yang belum pernah ada sebelumnya juga masuk kategori konten yang dianggap original.

Baca Juga: 10 Rahasia Menulis Konten yang Menginspirasi Pembaca

Kali ini, kami akan mengulas alasan mengapa konten original lebih disukai oleh audiens dan mesin pencari. 

Alasan Konten Original Lebih Disukai

Berikut adalah lima alasan mengapa konten original lebih disukai. Simak penjelasannya.

1. Meningkatkan Peringkat SEO dan Backlink

Alasan yang pertama adalah konten original bisa meningkatkan peringkat SEO dan backlink. Membuat konten original adalah salah satu bagian penting dari strategi SEO yang sukses. 

Konten dengan SEO yang baik adalah bagian penting untuk mendapatkan peringkat Search Engine Results Page (SERP) tinggi. Selain itu, peringkat SERP yang tinggi dapat menjaga situs Anda dapat terlihat di halaman terdepan mesin pencari seperti Google.

Jika ingin meningkatkan peringkat pencarian dan mendapatkan backlink tinggi, pastikan Anda menghasilkan konten asli yang berkualitas tinggi.

Setiap kali seseorang menautkan kembali ke konten Anda sebagai sumber, mesin pencari menganggapnya sebagai reputasi baik bagi website

Jika Anda terus menghasilkan konten asli yang berkualitas, Anda dapat mulai mendapatkan beberapa backlink yang sangat berharga di website lainnya. Hal ini dapat membantu Anda naik ke halaman pertama hasil pencarian di mesin pencari.  

2. Meningkatkan Kredibilitas 

konten original
Konten original dapat meningkatkan kredibilitas Anda. (Foto oleh Freepik)

Dikutip dari Edgy.com, konten original bisa meningkatkan kredibilitas. Menyampaikan konten unik dan berkualitas tinggi tentang topik yang jarang dibicarakan orang dalam industri Anda dapat memberi Anda keunggulan yang signifikan. 

Strategi konten ini akan memungkinkan Anda untuk menunjukkan pengetahuan Anda tentang industri yang dipromosikan.

Selain itu, konten otentik yang informatif juga dapat membantu Anda membagikan pengetahuan maupun meningkatkan kredibilitas dan kepercayaan audiens. 

3. Meningkatkan Engagement

Dilansir dari Rock Content, cara terbaik untuk meningkatkan engagement adalah dengan menghasilkan konten yang original, cerdas, menghibur, dan informatif. Konten yang bagus dapat memancing orang untuk membagikan link tersebut. 

Jika konten Anda cukup sering dibagikan, engagement, penayangan, dan komentar dari audiens, baik lama maupun baru akan meningkat. Jika hal itu terjadi, artinya Anda sudah berhasil menjawab kebutuhan mereka.

4. Menghindari Pelanggaran Hak Cipta dan Risiko Royalti

Salah satu alasan mengapa konten original semakin disukai adalah karena dapat menghindarkan Anda dari pelanggaran hak cipta.

Dengan membuat konten original berdasarkan ide sendiri atau modifikasi dengan khas tersendiri, Anda bisa lebih aman secara hukum.

Konten yang original juga mudah dipertanggungjawabkan, karena tidak menyalin karya lain tanpa izin dari pemegang hak cipta.

Cara Membuat Konten Original yang Berkualitas dan Menarik

RadVoice telah merangkum tips menulis konten yang dapat Anda terapkan untuk membantu menjaga fokus menulis.

1. Gunakan Metode Amati, Tiru, Modifikasi (ATM)

konten original
content marketing business Content communication Data Blogging Media Publication Information Vision Technology Concept Social Advertising Data Search Man Research SEO

Mengutip buku Strategi Pemasaran dengan Platform Digital untuk Pemula, ide dalam membuat konten pada dasarnya tidak akan pernah habis jika kita memberikan informasi tambahan.

Selain mengganti diksi dari judul, sinonim atau persamaan kata juga bisa diganti.

Misalnya, jika kita melihat konten yang viral, Anda bisa mengganti judul konten seperti “3 Kesalahan dalam Produk Skincare”.

2. Mencari Inspirasi Konten

Kesalahan penulis dalam mencari inspirasi seperti mengejar hiburan: cepat, dangkal, dan mudah dilupakan.

Daripada menyalin gaya orang lain, lebih baik menggali alasan mengapa audiens menyukai konten tersebut.

Contoh Konten Original

Kesimpulan 

Konten original adalah konten yang unik, fresh, bukan plagiat yang belum pernah diunggah sebelumnya. Ada 3 alasan mengapa konten asli lebih disukai oleh audiens maupun mesin pencari, yaitu: 

  1. Meningkatkan peringkat SEO dan backlink
  2. Menciptakan kredibilitas
  3. Menarik audiens atau konsumen baru

Pemasaran konten original sangat penting untuk kesuksesan perusahaan Anda saat ini dan di masa depan. Untuk mendapatkan hasil maksimal dari strategi pemasaran konten Anda, konten yang original dan berkualitas dapat menjadi salah satu pendukung. 

Let's Amplify Your Voice Together

Tell us about your project, and we will get back to you within one business day.

Contact Us!
Contact Us!
RadVoice Indonesia
Hello
Can we help you?