Sedang Menulis Press Release? Wajib Hindari 5+ Kata ‘Berlebihan’ Ini!

Kata-kata yang harus dihindari Press Release

Banyak hal yang menjadi pertimbangan wartawan saat menerima press release. Anda perlu memperhatikan kata-kata yang harus dihindari dalam press release.

Dikutip dari LinkedIn.com, Adam Sherk, wakil presiden SEO dan strategi digital untuk Define Media Group, membuat daftar 100 kata kunci yang sering digunakan secara berlebihan dalam pemasaran.

Sebut saja kata kunci seperti ‘solusi’, ‘leader’, ‘terbaik’, ’top’, dan banyak kata lainnya. 

Kata-kata ini dinilai tidak terlalu penting dan sebenarnya hampir tidak pernah Anda butuhkan dalam sebuah kalimat di press release.

Penggunaan kata-kata ‘berlebihan’ tersebut membingungkan pembaca.

Kata yang Harus Dihindari dalam Press Release

Menghindari beberapa kata berikut akan membuat siaran pers Anda lebih singkat dan solid.

1. Solusi

Jika Anda menggunakan istilah ‘solusi’ dalam press release Anda, Anda menggunakan sebuah kata yang terlalu sering digunakan sampai-sampai tidak memiliki makna berarti.

Beberapa komunikator rutin menggunakan kata-kata berlebihan yang mengaburkan upaya mereka untuk menyampaikan pesan suatu kampanye.

2.  Terkemuka

Anda pasti pernah mendengar press release dengan teks ‘Perusahaan pionir di bidang XXXX, telah bermitra dengan perusahaan terkemuka di bidang XXXX.

Kalimat ini menimbulkan pertanyaan: Bagaimana perusahaan menilai status ‘pionir’nya?

Apakah dari lingkupnya yang internasional, nasional, regional, atau lokal? Teknologi, pendapatan, keuntungan, atau jumlah staf?

Jika seluruh perusahaan mengaku berada di posisi terdepan, hal tersebut menjadi klaim belaka dan tidak lagi berarti apa-apa.

3. Terbaik

Menekankan kekuatan perusahaan yang Anda promosikan dalam sebuah press release jelas merupakan hal yang baik.

Namun, istilah ‘terbaik’ menjadi tidak berarti banyak jika ada pelanggan yang mengalami layanan aftersales yang buruk atau produk sebenarnya tidak memiliki kualitas terbaik seperti yang diklaim.

4. Inovatif

Kata inovatif berarti hampa. Terlepas dari sektornya, berapa banyak produk benar-benar inovatif yang diluncurkan setiap tahun?

Berapa kali Anda melihat sesuatu yang mendapatkan label ‘inovasi’ tetapi sebenarnya minim manfaat? Kecuali jika Anda atau klien Anda menemukan obat untuk semua jenis kanker, hentikan penggunaannya mulai hari ini.

5. Revolusioner

Sama seperti kata kunci sebelumnya, revolusioner dalam press release adalah sesuatu yang berlebihan jika digunakan.

Salah satu definisi revolusioner adalah membentuk dan membawa perubahan besar. Sangat kecil kemungkinannya suatu produk atau layanan benar-benar revolusioner.

Ini hanyalah jenis hiperbola yang harus Anda hindari. Menyisipkan kata revolusioner adalah bagaikan memberikan ‘angan-angan’. Publik cenderung paham bahwa istilah tersebut tidaklah nyata.

6. Memenangkan Penghargaan

Berita bahwa Anda memenangkan pengahargaan tidak memberi manfaat besar.

Sebagian besar publik justru mungkin tidak peduli. Kecuali jika Anda mengumumkan bahwa Anda benar-benar memenangkan penghargaan besar atau jarang diliput, maka Anda sebaiknya tidak membagikan informasi penghargaan tersebut melalui press release.

Kesimpulan

Salah satu tips membuat press release adalah menghindari beberapa kata ‘berlebihan’ seperti berikut.

  1. Solusi
  2. Terkemuka
  3. Terbaik
  4. Inovatif
  5. Revolutioner
  6. Memenangkan penghargaan

Penggunaan kata-kata tersebut bisa jadi bumerang dan justru akan menyulitkan para jurnalis dan editor untuk menerbitkan press release Anda. Adakah istilah ‘berlebihan’ lainnya yang ingin Anda tambahkan?


RadVoice Indonesia dapat menyampaikan pesan institusi Anda melalui laporan media yang kredibel di Indonesia. Berbekal pendekatan bercerita dan standar konten yang tinggi, RadVoice Indonesia akan bekerja sama dengan Anda untuk menulis artikel yang edukatif dan membidik media-media nasional atau internasional yang relevan.

Jadwalkan konsultasi online dengan RadVoice Indonesia di sini. 100% gratis, tanpa komitmen.