Jika Anda ingin berbagi informasi dengan seseorang, beri tahu mereka. Jika Anda ingin orang tersebut menyimpan informasi yang Anda berikan, tawarkan kisah visual dengan infografik.
Sesuai namanya, konten jenis ini adalah grafik, teks, dan simbol untuk menyajikan informasi secara menarik dan mudah dipahami. Secara estetika, tampilan berupa gambar ini dibuat untuk meringkas data.
Artinya, tujuan infografik adalah untuk memikat pembaca. Dikutip dari Search Engine Journal, infografik sebagai strategi konten memiliki peningkatan penggunaan terbesar di antara pelaku bisnis business to business (B2B) dalam empat tahun terakhir. Angkanya mencapai 67% pada tahun 2020.
Faktanya, sebanyak 49% pelaku bisnis menilai pemasaran secara visual sangat penting untuk strategi pemasaran perusahaan. Sekitar 22% menganggapnya penting, sedangkan 19% mengatakan bahwa konten strategi mereka bukanlah apa-apa tanpa konten visual.
Manfaat Infografik untuk Strategi Konten
Dari sekian banyak manfaatnya untuk strategi konten, berikut adalah tujuh cara konten visual ini dapat membantu meningkatkan brand perusahaan Anda:
1. Meningkatkan SEO
Sebagai strategi jitu, tujuan infografik adalah untuk membantu meningkatkan visibilitas dan peringkat situs web Anda di halaman hasil mesin pencari (SERP).
Dengan pembuatan infografis yang dioptimalkan untuk mesin pencari, konten Anda dapat lebih mudah ditemukan dan diindeks oleh algoritma. Visual ini juga membantu SEO dan mendorong lebih banyak lalu lintas organik ke situs web Anda.
2. Meningkatkan Keterbacaan
Infografis merupakan cara yang baik untuk mengkomunikasikan informasi kompleks dalam format yang mudah dipahami. Namun, jika Anda tidak mengoptimalkan infografik Anda untuk visibilitas maksimum, konten tersebut tidak akan mendapatkan perhatian yang layak.
Optimasi konten visual ini untuk mesin telusur dan media sosial dapat membantu konten Anda menjangkau audiens yang dituju. Konten akan lebih diperhatikan oleh calon pelanggan.
Faktanya, sebanyak 90% informasi yang dikirimkan ke otak kita bersifat visual. Karena itu, inilah mengapa orang tertarik pada elemen visual yang menarik perhatian mereka.
3. Membantu Pembaca Mengambil Keputusan
Tampilan visual ini juga bisa mempercepat informasi untuk diproses. Semakin cepat pembaca atau calon pelanggan mengolah informasi, semakin cepat mereka dapat mengambil keputusan.
Ini bisa bermanfaat saat menyajikan ide-ide kompleks. Seperti yang sudah disebutkan, otak manusia dapat memproses informasi dalam gambar jauh lebih cepat daripada dalam kata-kata.
Pada akhirnya, infografik akan membantu bisnis Anda mengkomunikasikan tujuan akhirnya dengan cepat dan lebih efektif.
4. Membangun Kredibilitas Brand
Ketika membuat sebuah infografik untuk strategi konten, Anda harus menyajikan informasi dengan sumber yang tepercaya dan relevan. Jangan lupa menyertakan logo, alamat situs web, dan informasi kontak lainnya.
Semakin baik visual yang dibuat, maka semakin baik brand Anda dinilai. Branding adalah seni membedakan diri sendiri dari para kompetitor. Ini juga salah satu alasan mengapa konten original lebih disukai.
5. Mengundang Backlink Berkualitas
Menyertakan backlink atau tautan memungkinkan bisnis Anda mendapatkan peringkat lebih tinggi dalam hasil pencarian organik Google. Namun, tautan harus berasal dari situs web yang relevan dan berkualitas.
Kemungkinannya beragam. Situs yang mungkin tidak menerima kontribusi kiriman pengunjung barangkali tertarik untuk menerbitkan info visual yang Anda buat sebagai alternatif. Atau sebaliknya, situs-situs ini mungkin juga tertarik untuk menyertakan tautan ke infografik Anda dalam sebuah artikel yang telah dipublikasikan jika relevan dengan konten tersebut.
Ini berarti, Anda dapat membangun backlink berkualitas tinggi dan memperkuat otoritas domain Anda, sembari mendorong keterlibatan pengunjung dari pihak mereka.
Infografik adalah salah satu taktik pembuatan backlink yang lebih efektif untuk banyak perusahaan. Tentu saja, ini juga akan terbukti berhasil untuk mendukung bisnis Anda.
6. Sebagai Strategi Pemasaran yang Mudah Dievaluasi
Seperti halnya upaya pemasaran apa pun, Anda pasti ingin menginvestasikan waktu dan sumber daya untuk melacak seberapa baik kinerja infografis untuk strategi konten yang telah Anda buat.
Meskipun beberapa strategi pemasaran Anda mungkin ambigu dan memiliki return on investment (ROI) yang sulit diukur, tidak demikian halnya dengan infografik. Setiap informasi visual yang Anda bagikan akan menyajikan banyak kesimpulan penting, dalam format yang jelas dan ringkas.
Dengan pelacakan yang tepat, relatif mudah untuk menentukan bagaimana kinerja upaya pemasaran melalui infografis yang Anda buat. Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang hal tersebut, Anda harus membuat halaman arahan untuk setiap visual info yang dibuat.
Gunakan platform analitik untuk menentukan sumber lalu lintas, perilaku situs pengguna, dan page visit. Lakukan pencarian gambar kembali untuk menentukan situs apa yang menggunakan gambar Anda.
Anda bahkan boleh mempertimbangkan untuk menghubungi situs web yang telah memposting konten Anda, tetapi tidak memberikan tautan kembali kepada Anda. Ini bisa dilakukan sebagai bentuk pemberian izin karena pihak lain telah menggunakan infografik yang Anda buat.
Kesimpulan
Infografik merupakan salah satu bentuk strategi konten yang biasa dibuat dan diimplementasikan para pelaku bisnis. Memiliki beberapa kelebihan, seperti kerap menampilkan visual menarik, berikut ini adalah manfaatnya untuk strategi konten, yaitu:
- Meningkatkan SEO
- Meningkatkan keterbacaan
- Membantu pembaca mengambil keputusan
- Membangun kredibilitas brand
- Mengundang backlink berkualitas
- Sebagai strategi pemasaran yang mudah dievaluasi
Membuat infografik dengan informasi original akan memposisikan Anda sebagai ahli di bidang yang dijual tersebut. Agar visual tetap terlihat profesional, Anda bisa mempekerjakan desainer grafis yang terampil untuk membuatnya.
Supaya lebih terstruktur, Anda bisa memanfaatkan kalender konten dalam membuat infografik untuk strategi konten.