Ide Konten Facebook Profesional untuk Meningkatkan Engagement Perusahaan

ide konten facebook

Di tengah banyaknya platform baru yang bermunculan, Facebook masih bertahan sebagai salah satu media sosial yang efektif untuk urusan bisnis.

Perusahaan bisa memanfaatkannya bukan hanya untuk promosi, tetapi juga berkomunikasi langsung dengan audiens.

Ide konten Facebook yang tepat dapat membuat profil perusahaan menjadi lebih hidup dan menarik banyak like maupun komentar.

Selain itu, perlu ide konten Facebook yang konsisten dan relevan dengan kebutuhan audiens untuk membuatnya.

RadVoice Indonesia akan membahas beragam ide konten Facebook untuk meningkatkan engagement perusahaan. Berikut selengkapnya.

Mengapa Konten Profesional Penting di Facebook Perusahaan?

Terdapat sejumlah alasan mengapa konten profesional penting untuk Facebook perusahaan.

Salah satunya, konten yang dibuat dengan strategi tepat dan profesional akan memberi kesan bahwa perusahaan serius dalam berkomunikasi dengan audiensnya.

Baca juga: 5 Ide Konten LinkedIn yang Efektif untuk Meningkatkan Branding Perusahaan

ide konten facebook
Ide konten Facebook yang tepat dapat membuat profil perusahaan membuat lebih hidup dan menarik. (Foto oleh Freepik)

Selain itu, menurut Marcia Audita, Head of Content & Social Media di Kompasiana, konten bukan cuma soal menulis atau membuat sesuatu yang viral lalu hilang begitu saja. Namun konten yang baik juga harus punya nilai. 

“Jadi konten yang baik itu tidak harus selalu yang berat-berat, tapi bisa menginspirasi, mengedukasi, atau membuat orang merasa terhubung dan bilang ‘Oh, ini konten buat gue banget!’” kata Marcia.

Berikut sejumlah alasan lainnya.

Meningkatkan Engagement

Menurut Kumparan, mengisi feed Facebook dengan konten yang menarik adalah kunci meningkatkan engagement dan menjangkau audiens yang lebih luas.

Untuk itu penting mengetahui siapa audiens Anda dan apa yang mereka sukai.

Dengan mengetahui karakteristik audiens yang dituju, Anda dapat membuat konten yang lebih relevan dan sesuai kebutuhan.

Misalnya jika audiens Anda tertarik dengan produk skincare atau make up, maka Anda dapat membuat konten yang membahas tentang tips kecantikan atau sejenisnya.

Membedakan dengan Kompetitor

Di tengah banyaknya postingan di Facebook, konten profesional membantu perusahaan tampil menonjol.

Audiens akan lebih mudah mengingat brand yang menghadirkan konten dengan standar visual dan pesan yang jelas.

Untuk itu, Anda perlu menggunakan visual yang menarik seperti gambar atau video, alih-alih sekadar teks.

Mengutip Campus Digital, gunakan gambar berkualitas atau video pendek untuk membuat perusahaan Anda lebih terlihat dibandingkan yang lainnya.

Menjaga Konsistensi Brand Voice

Dengan konten yang profesional, perusahaan dapat menyampaikan pesan dengan gaya bahasa, tone, dan visual yang konsisten.

Cara ini penting agar audiens mudah mengenali karakter brand Anda.

Ide Konten Facebook Profesional untuk Perusahaan

Berikut sejumlah ide konten Facebook profesional yang dapat ditiru untuk perusahaan Anda.

Buat Postingan Video atau Siaran Langsung

Anda dapat membuat postingan dalam bentuk video atau siaran langsung.

Ide konten Facebook ini dinilai efektif karena membuat audiens merasa lebih dekat.

Mengutip Next Digital, Facebook saat ini memprioritaskan konten video dalam algoritmanya.

Contohnya, perusahaan Anda yang bergerak di bidang fesyen dapat melakukan siaran langsung saat meluncurkan produk pakaian baru.

ide konten facebook
Ide konten Facebook berupa postingan dalam bentuk video atau siaran langsung dinilai efektif karena membuat audiens merasa lebih dekat. (Foto oleh Freepik)

Selain dapat melihat langsung produk baru tersebut, audiens juga dapat mengajukan pertanyaan secara langsung dan membelinya.

Fitur Facebook Live juga dapat Anda manfaatkan untuk sesi tanya jawab maupun webinar singkat.

Membagikan User-Generated Content

User-generated content (UGC) adalah konten dari seseorang yang telah menggunakan atau membeli produk atau layanan dari perusahaan Anda.

Konten dapat berupa ulasan atau testimoni dari konsumen. Cara ini biasanya dilakukan untuk meyakinkan calon konsumen lain yang tertarik untuk menggunakan produk atau layanan Anda.

Baca juga: Perlukah User-Generated Content untuk Brand Anda?

Polling atau Kuis

Anda dapat membuat ide konten Facebook melalui polling atau kuis.

Cara ini dapat meningkatkan keterlibatan audiens sekaligus mengetahui preferensi mereka.

Misalnya, perusahaan Anda bergerak di bisnis travel dan ingin menanyakan destinasi favorit audiens. Anda dapat menanyakan melalui polling, ‘pantai atau pegunungan’.

Selain memberikan insight bagi perusahan, cara ini juga dapat memperkuat hubungan dengan audiens.

Cerita Personal atau Behind the Scenes

Anda dapat membagikan cerita personal atau behind the scenes sebagai salah satu ide konten Facebook yang menarik.

Konten ini dapat berupa cerita di balik layar tentang bisnis yang membuat audiens merasa lebih terhubung secara personal.

Misalnya, proses di balik mencari bahan yang berkualitas untuk produk pakaian perusahaan Anda. Bagaimana proses memilih kain yang bagus, membuat desain yang menarik, sehingga dapat menarik perhatian audines.

Review Produk dan Tutorial

Ide konten Facebook dengan konsep yang memberikan solusi praktis semacam ini cenderung populer di Facebook.

Jika Anda memiliki produk, buat konten yang menunjukkan bagaimana cara menggunakan produk tersebut.

ide konten facebook
Anda dapat memposting konten produk perusahaan melalui postingan foto atau video yang menarik. (Foto oleh Freepik)

Misalnya, brand kuliner bisa membuat video singkat tentang cara menyajikan menu frozen food agar terasa seperti baru dimasak.

Perusahaan fesyen dapat menampilkan tutorial mix and match pakaian untuk berbagai acara.

Dengan konten seperti ini, audiens tidak hanya tertarik mencoba, tetapi juga merasa terbantu karena mendapatkan panduan langsung dari brand.

Tips Membuat Konten Facebook yang Konsisten dan Meningkatkan Branding

Setelah mengetahui ide konten Facebook apa saja yang menarik untuk dibuat, RadVoice akan membagikan sejumlah tips untuk membuat konten Facebook yang konsisten dan meningkatkan branding.

Kenali Audiens Anda

Seperti disebutkan sebelumnya, memahami audiens akan membantu meningkatkan engagement konten Anda.

Mengutip Sribu, Anda dapat menganalisis demografis audiens dengan melihat umur, jenis kelamin, lokasi, dan ketertarikan mereka.

Informasi ini akan membantu Anda menyesuaikan konten supaya relevan dan menarik bagi mereka.

Gunakan Visual Menarik

Gunakan konten visual seperti foto atau video yang berkualitas tinggi sehingga akan menarik lebih banyak perhatian dari audiens.

Misalnya, foto produk yang Anda buat dapat ditampilkan dengan cara yang estetik.

Anda juga dapat membuat konten video pendek untuk menarik audiens yang kini cenderung lebih menggemari gambar bergerak.

Manfaatkan Trending Topics

Anda dapat memanfaatkan topik yang sedang tren untuk membuat ide konten Facebook menjadi lebih relevan bagi audiens.

Kaitkan dengan produk atau layanan Anda sehingga tetap sesuai.

ide konten facebook
Anda dapat memanfaatkan topik yang sedang tren untuk membuat ide konten Facebook menjadi lebih relevan bagi audiens. (Foto oleh Rawpixel.com/Freepik)

Misalnya, saat ada peringatan seperti Hari Kemerdekaan perusahaan bisa membuat konten bertema khusus yang dikaitkan dengan promo produk.

Atau ketika ada tren viral di media sosial, brand dapat mengadaptasinya menjadi postingan yang tetap selaras dengan identitas perusahaan.

Sesuaikan Waktu Postingan

Pilih waktu yang tepat untuk memposting konten demi meraih engagement.

Anda dapat mengeceknya melalui Facebook Insights untuk bisnis.

Biasanya, memposting di malam hari ketika orang-orang sudah santai akan mendapat hasil yang lebih baik.

Berikan CTA

Jangan lupa untuk melampirkan call to action (CTA) atau ajakan kepada audiens untuk melakukan tindakan yang lebih spesifik setelah melihat postingan Anda.

CTA ini dapat berupa mengeklik tombol, mendaftar, atau menjadi followers.

Masih banyak cara lain untuk membuat ide konten menarik dengan tetap menampilkan identitas brand Anda, seperti lewat blog, artikel, siaran pers, atau berbagai konten tertulis lainnya.

Jika Anda memerlukan bantuan dalam pembuatan konten tersebut, tim RadVoice siap memberikan layanan profesional untuk mendukung kebutuhan Anda.

Let's Amplify Your Voice Together

Tell us about your project, and we will get back to you within one business day.

Contact Us!
Contact Us!
RadVoice Indonesia
Hello
Can we help you?