5 Hal Penting saat Menggelar Press Conference, Wajib Diperhatikan!

Dilansir dari UN Women, press conference adalah strategi yang bisa Anda lakukan untuk menarik perhatian media dan publik. Maka dari itu, demi menggelar konferensi pers yang sukses, Anda perlu melakukan berbagai persiapan.

Konferensi pers yang baik bisa meningkatkan citra Anda di media massa, sedangkan kebalikannya bisa membuat citra Anda jatuh. Konferensi pers biasanya diselenggarakan untuk menyampaikan informasi dan sesi tanya jawab dengan media.

Lalu, apa saja hal yang perlu diperhatikan, ya? Simak penjelasan berikut!

Hal Penting saat Menggelar Press Conference

Demi menggelar press conference yang sukses, berikut ini beberapa hal penting yang perlu Anda perhatikan.

1. Waktu

Ketika Anda menggelar press conference yang disiarkan di TV, media cetak, radio, bahkan media digital, Anda perlu memperhatikan peak hour di setiap medianya. Hal ini dilakukan agar Anda tahu kapan kira-kira audiens akan mengonsumsi informasi yang Anda sampaikan.

Pastikan juga setidaknya konferensi pers yang Anda gelar tidak bertabrakan dengan jadwal konferensi pers penting lainnya. Dilansir dari Community Tool Box, Anda disarankan untuk mengundang media setidaknya satu hari sebelum jadwal agar mereka bisa mengatur waktu.

Jangan lupa untuk menjadwalkan waktu luang di akhir press conference untuk waktu berfoto. Media cetak maupun media digital membutuhkan foto sampul saat menulis hasil dari konferensi pers Anda.

2. Lokasi

Press conference biasanya digelar di lokasi yang strategis untuk dicapai oleh media. Pastikan lokasi yang Anda pilih memiliki lahan parkir yang cukup luas, karena media pastinya akan membawa berbagai equipment yang dibutuhkan untuk meliput. Lokasi yang strategis juga bisa memudahkan media untuk berpindah dari satu lokasi ke lokasi lainnya.

Hal yang satu ini mungkin terdengar sepele, namun Anda juga perlu perhatikan visual dan atmosfernya. Pastikan lokasi dan topik yang ingin Anda sampaikan saling berhubungan.

3. Press Release

Foto: freepik

Saat Anda menyelenggarakan press conference, sebaiknya Anda membuat press release yang informatif, menarik, dan akurat. Hal ini perlu dilakukan karena tidak semua poin yang Anda sampaikan bisa dikutip langsung, beberapa akan ditulis lebih in depth oleh media.

Press release yang Anda bagikan demi penyelenggaraan konferensi pers yang sukses bisa membantu media menulis artikel yang akurat. Karena selain presentasi di awal acara dan sesi tanya jawab, press release bisa dijadikan acuan untuk artikel yang akan ditulis media.

Untuk menghindari poin-poin yang terlewat saat presentasi dan sesi tanya jawab, press release harus merangkum semua poin materi yang disampaikan.

4. Sesi Tanya Jawab

Demi menggelar press conference yang sukses, jangan lupa untuk mengadakan sesi tanya jawab antara moderator dan media. Lewat sesi ini, media akan menggali lebih banyak pertanyaan yang lebih detail tentang informasi yang Anda sampaikan.

Pada sesi ini, moderator yang ditunjuk untuk berbicara harus bisa menjawab pertanyaan media dengan baik dan jelas. Jadikan materi presentasi sebagai acuan untuk menjawab. Lebih baik lagi kalau Anda sudah menyiapkan jawaban dari pertanyaan yang sepertinya akan dilontarkan.

Saat menulis artikel, jawaban dari sesi tanya jawab biasanya akan dijadikan headline atau key point oleh media. Maka itu, persiapkan dengan baik press release Anda.

5. Follow Up ke Media

Foto: freepik

Setelah press conference selesai dan Anda telah mengirimkan press release kepada media, lakukan follow up. Pastikan mereka sudah terima siaran pers demi hasil artikel yang akurat.

Kesimpulan

Beberapa hal penting yang perlu Anda perhatikan saat menggelar press conference:

  1. Waktu
  2. Lokasi
  3. Press release
  4. Sesi tanya jawab
  5. Follow up ke media

Itulah beberapa hal penting yang perlu Anda perhatikan. Menggelar press conference memang tidak mudah dan perlu persiapan yang matang. Semoga artikel ini bisa membantu!


RadVoice Indonesia dapat menyampaikan pesan institusi Anda melalui laporan media yang kredibel di Indonesia. Berbekal pendekatan bercerita dan standar konten yang tinggi, RadVoice Indonesia akan bekerja sama dengan Anda untuk menulis artikel yang edukatif dan membidik media-media nasional atau internasional yang relevan.

Jadwalkan konsultasi online dengan RadVoice Indonesia di sini. 100% gratis, tanpa komitmen.