Ilustrasi media kit.

Public relations membutuhkan media kit (disebut juga press kit) demi membantu terbentuknya relasi yang baik dengan media.

Media kit adalah dokumen yang berisikan informasi mengenai perusahaan Anda, baik itu visi dan misi, perjalanan bisnis, serta produk baru perusahaan Anda.

Baca juga: 9 Cara Membuat Press Kit yang Harus Anda Perhatikan

Menurut Newswire, media kit memuat seluruh informasi yang relevan dengan perusahaan, yang mungkin akan berguna untuk keperluan media.

Menyiapkan media kit mendatangkan banyak manfaat dan kemudahan bagi perusahaan seperti:

  1. Media kit memudahkan Anda dalam membentuk gambaran perusahaan. Media akan mengacu kepada dokumen yang Anda siapkan, dan membentuk persepsi tentang perusahaan Anda dari informasi yang tertuang di dalamnya.
  2. Memberikan dokumen yang mudah diakses memungkinkan media dalam menuliskan berita tentang perusahaan Anda secara lebih cepat. Beberapa informasi dalam dokumen media kit Anda akan membantu mereka dalam menyusun berita.
  3. Media kit mendefinisikan perusahaan dalam foto dan tulisan. Press kit mampu membangun branding perusahaan melalui dokumen-dokumen yang ditampilkan.

Bagaimana Cara Menyusun Media Kit yang Efektif?

Lalu, apa saja hal yang perlu diperhatikan saat menyusun media kit yang efektif? RadVoice Indonesia memiliki lima cara melakukannya.

Pastikan Informasi yang Dicantumkan Baru dan Akurat

Selain informasi umum, Anda juga bisa menambahkan infografis yang menampilkan data-data statistik.

Ilustrasi infografis. (Foto oleh our-team/Freepik)

Baca juga: Yuk, Buat Infografis dengan 5 Situs Web Gratis Ini!

Sebelum menyajikan informasi-informasi tersebut, pastikan bahwa data yang Anda tampilkan merupakan yang terbaru dan akurat. Data yang salah dan usang akan memberi citra buruk pada perusahaan.

Karena itu pula, penting bagi Anda untuk mengartikulasikan semua informasi tersebut dengan baik dan cermat. Pada akhirnya, media kit adalah dokumen yang bersifat satu arah, maka Anda perlu memastikan informasi yang disampaikan jelas dan tidak ambigu.

Data yang baru dan akurat tetap memerlukan penyampaian yang efektif.

Salah satu tanda Anda telah menyampaikan informasi dengan tepat adalah media telah mengasosiasikan perusahaan Anda dengan topik dan nilai-nilai yang sejalan dengan perusahaan Anda.

Data Visual Beresolusi Tinggi dan Bervariasi

Foto, video, dan logo perusahaan tidak kalah penting. Anda perlu menyediakan data-data ini dengan jumlah yang cukup dan kualitas yang premium.

Hindari kesalahan-kesalahan teknis seperti logo yang terlalu kecil, foto yang blur, atau bahkan logo lama perusahaan.

Memastikan dokumen-dokumen visual dipilih dan terkirim dengan baik berarti mengurangi potensi kekeliruan di masa depan.

Desain Ramah Pembaca

Baik media kit cetak atau elektronik, desain layout Anda memiliki peran yang krusial.

Ilustrasi layout. (Foto oleh Heath Vester/Unsplash.com)

Desain media kit mampu menentukan apakah pers akan membacanya hingga selesai atau sekilas saja.

Jika semua informasi tersebut disajikan secara serampangan, pembaca akan kesulitan dalam memahami informasi tersebut. Tidak peduli seberapa akurat dan menarik informasi di dalamnya.

Menyajikan Informasi Penting

Anda ingin menyajikan sebanyak-banyaknya informasi tentang perusahaan. Namun, banyak bukan berarti efektif.

Berikan informasi secukupnya. Pastikan informasi tersebut perlu diketahui oleh media.

Jika Anda sedang merilis produk terbaru, maka Anda juga perlu menyertakan press release terbaru bersama media kit tersebut.

Baca juga: 3 Tips Menulis Press Release Produk, Gunakan 5W+1H!

Pastikan rilis yang Anda kirimkan mudah dipahami oleh jurnalis.

Mencantumkan Profil-profil Individu yang Berpengaruh

Media maupun kolega baru Anda terinspirasi oleh kisah-kisah manusia.

Profil dan cerita tentang individu-individu suatu perusahaan dapat menjadi pemantik dalam keputusan-keputusan bisnis selanjutnya, misalnya, seperti siapa yang hendak diwawancara.

Baca juga: 5 Tips Wawancara Narasumber untuk Artikel Profil, Wajib Diperhatikan!

Tidak ada salahnya menampilkan beberapa individu yang berpengaruh dalam perusahaan, termasuk pendiri dan direktur.

Ilustrasi para petinggi perusahaan. (Foto oleh August de Richelieu/Pexels.com)

Anda bisa menghadirkan sedikit latar belakang individu dan menautkannya ke dalam akun media sosial.

Kesimpulan

Media kit adalah dokumen yang penting untuk disiapkan dengan saksama. Media kit memiliki banyak manfaat, seperti membangun branding perusahaan dengan dokumen yang ditampilkan.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membuat media kit adalah:

  1. Pastikan informasi yang dicantumkan baru dan akurat;
  2. Data visual beresolusi tinggi dan bervariasi;
  3. Desain ramah pembaca;
  4. Menyajikan informasi penting;
  5. Mencantumkan profil-profil individu yang berpengaruh.

RadVoice Indonesia dapat menyampaikan pesan institusi Anda melalui laporan media yang kredibel di Indonesia. Berbekal pendekatan bercerita dan standar konten yang tinggi, RadVoice Indonesia akan bekerja sama dengan Anda untuk menulis artikel yang edukatif dan membidik media-media nasional atau internasional yang relevan.

Jadwalkan konsultasi online dengan RadVoice Indonesia di sini. 100% gratis, tanpa komitmen.