Media Coverage untuk Bangun Branding dan Promosi

Mendapatkan liputan media atau media coverage adalah cara yang teruji untuk membangun brand image dan meningkatkan penjualan.

Secara tidak langsung, ini juga merupakan salah satu keuntungan media relations untuk perusahaan.

Namun, untuk benar-benar membuat bisnis Anda menjadi berita, Anda harus menarik perhatian media terlebih dahulu. Dikutip dari Prowly.com, sebagian besar media papan atas mendapatkan sekitar 50-500 pitch press release.

Ini merupakan tugas yang sulit, belum lagi terdapat beberapa pertimbangan wartawan saat menerima press release. Terutama untuk pelaku usaha kecil dan menengah yang tidak memiliki pengetahuan mendalam tentang public relations dan media relations.  

Faktanya, mendapatkan perhatian media bukanlah hal yang tidak mungkin.

Jika Anda lebih inisiatif dan lebih memikirkan bagaimana caranya pitching media dengan baik, Anda akan dengan mudah memperoleh media coverage untuk bisnis Anda.

Cara Mendapatkan Media Coverage

Mendapatkan media coverage untuk meningkatkan kredibilitas dan brand value perusahaan bisa jadi sangat menantang.

Kali ini, RadVoice Indonesia akan memberikan beberapa tips terbaik seperti dikutip dari Prowly.com, yaitu:

1. Bangun Hubungan Baik dengan Jurnalis Jauh Sebelum Membutuhkannya

Membangun hubungan yang intens dengan jurnalis adalah cara mendapatkan media coverage yang paling dasar. Namun, kunci utamanya adalah lakukan jauh sebelum membutuhkannya.

Tentu saja ini bertentangan dengan fakta bahwa banyak perusahaan hanya menghubungi wartawan atau media di saat mereka membagikan press release atau butuh untuk diliput.

Jika Anda telah memperkuat hubungan dengan beberapa jurnalis atau media sebelumnya, kemungkinan besar mereka akan dengan senang hati meliput bisnis dan mengolah siaran pers Anda. 

Ini karena Anda secara jelas telah menghargai mereka jauh sebelum membutuhkannya.

Jika Anda melakukan ini, beberapa media bahkan sangat mungkin untuk menawarkan pemberitaan tentang bisnis Anda. Jauh sebelum Anda bertanya. 

2. Buat Press Release dalam Bentuk Digital

Faktanya, terlalu banyak perusahaan yang masih berpikir bahwa presss release biasanya hadir dalam bentuk versi cetak.

Padahal, salah satu tips utama untuk mendapatkan media coverage adalah mengirimkan siaran pers Anda secara digital. Ini juga salah satu cara Anda menunjukan bahwa perusahaan Anda mengikuti tren teknologi yang ada. 

Jika Anda perusahaan e-commerce, Anda juga harus memiliki press kit yang mencakup ringkasan tentang perusahaan Anda, biografi anggota tim utama Anda, dan gambar beresolusi tinggi dari produk Anda.

Pastikan untuk menyesuaikan kit pers Anda dengan reporter atau blogger tertentu yang Anda targetkan. Ini akan mempermudah mereka untuk menemukan informasi yang dibutuhkan.

3. Beri Sampel Produk

Wartawan tidak diperbolehkan menerima hadiah dari sumber potensial yang dikhawatirkan memungkinkan adanya potensi penerimaan suap. Akan tetapi, mereka diperbolehkan mengambil sampel produk gratis untuk diulas.

Alih-alih mencari reporter yang dapat mempromosikan diri Anda dan cerita Anda, menawarkan sampel produk Anda secara gratis untuk mendapatkan ulasan yang jujur adalah salah satu cara mendapatkan media coverage

Ini terutama berlaku untuk blog kecil dan influencer yang biasa membuat video di Instagram, YouTube, dan TikTok. Ini juga salah satu menjadi alasan atau manfaat bekerja sama dengan influencer.

4. Incar Wartawan atau Media yang Kerap Meliput Topik Serupa

Untuk meningkatkan peluang mendapatkan media coverage, Anda cukup mengetik topik yang relevan di Google News dan membuat daftar publikasi yang pernah meliput topik ini dalam 4-6 bulan terakhir.

Selanjutnya, klik setiap artikel, identifikasi penulisnya, dan hubungi mereka secara pribadi. Mengingat jurnalis tersebut telah meliput topik tersebut, Anda memiliki peluang lebih besar untuk terhubung dengan mereka tentang topik terkait atau artikel lanjutan.

5. Incar Wartawan Freelance dan Blogger

Saat berupaya meraih peluang media coverage, targetkan reporter freelance dan blogger yang meliput topik atau industri yang berhubungan dengan bisnis Anda. Ini adalah salah satu cara yang bisa dilakukan oleh pelaku usaha dengan budget marketing rendah. 

Dengan berfokus pada wartawan freelance, Anda berpotensi menerima media coverage di berbagai publikasi. Terlebih para reporter lepas biasanya sangat termotivasi untuk mengangkat suatu cerita, sehingga akan lebih mudah bagi Anda untuk menampilkan bisnis atau usaha Anda di berita.

Selain itu, peluang media coverage dari blog akan tercipta karena blog adalah alat yang ampuh yang dapat memberikan tautan balik ke website Anda.

Sangat penting untuk fokus pada blogger yang memiliki konten berperingkat baik di Google. Hal ini kemungkinan besar akan menghasilkan lebih banyak klik ke toko Anda dan membuat e-commerce Anda lebih dikenal orang.

Kesimpulan

Banyak alasan media relations masih dibutuhkan. Salah satunya untuk menjaga reputasi dan media coverage adalah salah satu upaya media relations yang biasa dilakukan humas.

Terdapat beberapa cara memperoleh media coverage, yaitu:

  1. Bangun hubungan baik dengan jurnalis jauh sebelum membutuhkannya
  2. Buat press release dalam bentuk digital
  3. Beri sampel produk
  4. Incar wartawan atau media yang kerap meliput topik serupa
  5. Incar wartawan freelance dan blogger

Itulah beberapa cara memperoleh media coverage dari wartawan dan media. Mendapatkan media coverage sangat penting untuk bisnis apa pun.

Namun, budget yang terbatas bisa diakali dengan tips dan trik tertentu seperti menjalin hubungan dengan jurnalis freelance dan blogger.