Table of Contents
Subscribe to Insights and Updates

3+ Perbedaan Artikel Review Produk dan Promosi, Jangan Salah Lagi! 

Meningkatkan kualitas produk adalah salah satu manfaat content mapping

Anda mungkin pernah membaca artikel review produk di media massa. Biasanya artikel tersebut memaparkan pengalaman konsumen selama pemakaian produk.

Hal ini pun belakangan menjadi pilihan banyak brand atau perusahaan dalam mengenalkan produknya ke masyarakat, lho.

Beberapa pemilik brand atau perusahaan menganggap soft selling lewat artikel review produk lebih efektif dibandingkan promosi secara langsung.

Lalu, apa saja perbedaan artikel review produk dengan promosi? Bagaimana cara menulis konten tersebut? Simak penjelasannya dalam artikel berikut ini. 

Perbedaan Artikel Review Produk dan Promosi 

Perbedaan artikel review produk dan promosi dapat terlihat dengan jelas, lho. Apa saja perbedaannya?Simak selengkapnya, yuk. 

1. Tujuan 

Tujuan dari artikel review produk dan promosi ternyata berbeda.

Artikel promosi atau dikenal juga dengan artikel marketing memiliki tujuan untuk meningkatkan popularitas, peringkat, dan mendapatkan penghasilan dari penjualan produk dari website tersebut.

Sebuah artikel promosi dianggap berhasil jika penjualan dan pendapatan dari produk tersebut terus meningkat sesuai dengan tujuan awalnya, yaitu pemasaran atau promosi.

Sementara, artikel review produk memiliki tujuan utama untuk mengulas suatu barang atau jasa. Sesuai dengan tujuannya, fokus dari artikel ini adalah mengulas dari latar belakang hingga nilai dari produk tersebut. 

2. Penyebutan Brand  

Perbedaan lain dari artikel review produk dan promosi, yaitu jumlah penyebutan brand di dalamnya.

Penyebutan brand di dalam artikel promosi mungkin akan ditempatkan di judul dan selalu diulang dalam isi. Dalam artikel promosi, keunggulan sebuah produk akan menjadi pembahasan utama. Oleh karena itu, pengulangan nama brand akan cukup sering terjadi.

Artikel review mungkin tidak akan menyebutkan brand di judul dan tidak akan terlalu banyak dalam isinya. Artikel review akan lebih banyak berisi tentang ulasan mengenai produk tersebut. Bagaimana pengalaman penulis saat menggunakan produk tersebut menjadi fokus utama pada artikel review produk.

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, artikel review memiliki tujuan untuk mengulas, bukan mengenalkan brand kepada masyarakat. 

3. Isi Artikel 

Isi artikel review produk dan promosi juga memiliki konten yang berbeda. Artikel promosi berisi tentang keunggulan, manfaat, serta informasi produk dari satu brand.

Sebuah artikel promosi mungkin akan menjelaskan tentang latar belakang atau filosofi dari produk tersebut dengan sangat jelas.

Sesuai dengan tujuannya, artikel promosi memiliki target meningkatkan penjualan, sehingga cerita perjalanan sebuah produk penting untuk diceritakan kepada calon pembeli.

Di sisi lain, artikel review berisi ulasan dari beberapa jenis produk serupa dan mengulas kelebihan dan kekurangannya secara detail.

Selain itu, artikel review juga akan berisi opini dari penulis atau beberapa narasumber lain yang juga menggunakan produk tersebut.

Namun, Anda jangan berharap dapat melihat sejarah atau filosofi sebuah produk dalam sebuah artikel review. 

4. Call to Action 

Call to Action (CTA) menjadi unsur penting dalam memasarkan sebuah produk.

Mengutip Optimizely.com, CTA merupakan kalimat ajakan dalam sebuah artikel kepada pembaca untuk mencoba produk atau jasa yang ditawarkan.

Dalam sebuah artikel, CTA akan diletakkan pada kalimat terakhir atau sebagai penutup.

Kalimat untuk CTA pada artikel promosi dan review juga berbeda.

CTA untuk artikel review biasanya menggunakan kata tanya kepada pembaca yang akan mengundang rasa penasaran.

Sedangkan artikel promosi akan menggunakan kalimat seruan atau ajakan kepada pembaca agar menggunakan produk yang dipasarkan.

Nah, penulis harus memperhatikan hal ini dengan saksama.

Jangan sampai kalimat penutup yang digunakan akan mengubah tujuan awal dari artikel tersebut. 

Kesimpulan

Artikel review produk dan promosi ternyata memiliki banyak sekali perbedaan seperti yang sudah dirangkum RadVoice Indonesia berikut ini. 

  1. Tujuan
  2. Penyebutan brand
  3. Isi artikel
  4. Call to Action (CTA)

Keempat hal ini penting untuk diketahui oleh semua penulis, sehingga hasil akhir dari artikel tersebut sesuai dengan harapan. Yuk, coba mulai sekarang! 

Get the latest updates delivered right to your inbox!
Having a problem? Email Us: hello@radvoice.id