Table of Contents
Subscribe to Insights and Updates

Selain Press Release, Ini 5 Alternatif Publikasi Perusahaan yang Bisa Dicoba

Selain Press Release, Ini 5 Alternatif Publikasi Perusahaan yang Bisa Dicoba

Press release menjadi hal yang sangat penting ketika perusahaan atau lembaga ingin memberikan informasi secara luas.

Biasanya, divisi komunikasi akan membuatkan sebuah artikel untuk kemudian didistribusikan kepada rekan media.

Para jurnalis nantinya akan mempublikasikan informasi tersebut.

Kendati demikian, press release bukanlah satu-satunya media yang dapat digunakan untuk menyebarkan informasi kepada rekan media, lho.

RadVoice Indonesia telah merangkum beberapa alternatif publikasi selain press release yang dapat dikirimkan kepada rekan media. Berikut ulasannya.

Alternatif Publikasi selain Press Release

Press release sering dijadikan andalan setiap praktisi PR yang ingin memberikan informasi kepada para jurnalis.

Padahal, masih ada alternatif lain yang dapat digunakan, lho. Simak daftarnya dalam artikel berikut ini. 

1. Rilis Video 

Salah satu media yang dapat dikirimkan kepada para jurnalis adalah rilis video atau video news release (VNR).

Dalam artikel openpr.com dijelaskan, VNR adalah rilis berita berbentuk visual atau video.

Sedangkan U.S Consumer Product Safety Commission menjelaskan, VNR adalah siaran pers yang diterjemahkan ke dalam bentuk gambar atau visual bergerak.

Nantinya, video tersebut akan dibuat selayaknya laporan berita yang dibuat oleh jurnalis. Bedanya, VNR dikerjakan oleh tim komunikasi perusahaan atau lembaga.

Hampir sama dengan press release, video rilis juga harus diedit oleh kantor berita sebelum ditayangkan.

Anda tidak disarankan mengedit video secara terlalu rumit.

Pastikan Anda membuatnya tidak terlalu panjang. Durasi sekitar 5 hingga 7,5 menit untuk satu video rilis cukup untuk dikirimkan kepada jurnalis. 

2. Lakukan Live Broadcast 

Alternatif lain yang dapat digunakan sebagai pengganti press release adalah live broadcast. Cara ini terbilang cukup mudah untuk dilakukan, lho.

Pasalnya, live broadcast saat ini dapat dilakukan melalui berbagai platform sosial media dengan sekadar mengandalkan ponsel dan jaringan yang baik.

Nantinya, Anda cukup mengirimkan jadwal acara dan link live broadcast kepada rekan media.

Berbeda dengan video rilis, live broadcast mungkin akan lebih disukai oleh wartawan karena dapat menyampaikan pertanyaan langsung melalui kolom komentar. 

3. Beri Liputan Eksklusif 

Anda juga dapat memberikan kesempatan untuk wartawan melakukan liputan eksklusif, selain mengirimkan press release.

Dalam Collins Online Dictionary dijelaskan, liputan eksklusif adalah sebuah laporan yang tidak muncul di media lainnya.

Biasanya, reportase disampaikan lebih detail dalam bentuk artikel atau video.

Sesuai dengan pengertiannya, liputan eksklusif hanya dapat diberikan kepada satu media, tidak boleh lebih.

Anda harus pintar memilih media yang dibidik sebelum menawarkan kesempatan wawancara.

Jika ingin informasi disebarkan dengan lebih luas, Anda dapat menyebarkan link hasil interview eksklusif dengan media tersebut ke media sosial atau website perusahaan.

Pastikan Anda tidak menghilangkan identitas media tersebut ketika meng-upload video tersebut. Pasalnya, hal tersebut mungkin akan menjadi masalah baru terhadap Anda dan rekan media. 

4. Isi Konten Blog 

Website perusahaan saat ini masih menjadi hal primer, khususnya untuk bisnis yang berhubungan langsung dengan konsumen.

Sebuah artikel blog di situs perusahaan dapat menjadi acuan seorang wartawan ketika menulis sebuah berita.

Tak heran, jika konten dalam blog perusahaan dapat menjadi pengganti press release untuk memberikan informasi terkini kepada rekan media.

Pastikan Anda telah memiliki content plan yang konsisten, sehingga blog perusahaan akan terlihat aktif dan menjadi bahan rujukan para wartawan. 

5. Lakukan Guest Posting 

Selain menulis artikel secara rutin di blog, Anda juga dapat melakukan guest posting.

Guest posting kerap tercetus ketika membahas penulisan artikel online. Tujuannya adalah meningkatkan traffic dan brand awareness dari situs itu sendiri.

Tak hanya itu, guest posting juga dapat meningkatkan performa website dari sisi SEO dan memberikan Anda status sebagai pakar di bidang yang digeluti.

Kegiatan guest posting juga dapat menjadi alternatif pengganti press release, lho. 

Kesimpulan

Press release memang masih menjadi media utama ketika Anda ingin menyampaikan informasi atau berita terbaru kepada para jurnalis.

Namun, seiring perkembangan teknologi, terdapat beberapa alternatif untuk menggantikan press release seperti berikut.

  1. Rilis video
  2. Lakukan live broadcast
  3. Beri liputan eksklusif
  4. Isi konten blog
  5. Lakukan guest posting

Kelima jenis publikasi tersebut bisa menjadi variasi ketika Anda ingin mengirimkan informasi kepada media. Segera terapkan, yuk!

Get the latest updates delivered right to your inbox!
Having a problem? Email Us: hello@radvoice.id