Table of Contents
Subscribe to Insights and Updates

3 Alasan Brand Memerlukan Blog, Bisa Datangkan Customer Baru

Banyak brand dan perusahaan mulai membuat blog. Apa alasan brand memerlukan blog? Pertanyaan-pertanyaan pun muncul di benak Anda, seperti: 

  • Apakah perusahaan saya benar-benar memerlukan blog tersendiri? 
  • Apakah ROI (return of investment) dari meluncurkan blog bisa berbuah positif? 
  • Bisakah saya mendapatkan customer baru dari konten panjang seperti blog?
  • Blog bukannya sudah ketinggalan zaman?

Pertanyaan-pertanyaan di atas memang selalu berhasil membuat Anda ragu. Tapi, jangan sampai terkecoh. Blog ternyata punya banyak manfaat bagi brand. Menginvestasikan sumber daya dan waktu untuk mengembangkan blog perusahaan bisa menjadi salah satu keputusan terbaik untuk pertumbuhan jangka panjang (long-term growth) brand Anda.

Alasan Brand Memerlukan Blog

Lantas, apa alasan brand memerlukan blog? Agar Anda semakin yakin, berikut beberapa alasan mengapa brand memerlukan blog.

1. Menguatkan Posisi Brand

Alasan brand memerlukan blog yang pertama adalah untuk menguatkan posisi brand. Mempunyai blog bisa meningkatkan brand trust.

Berdasarkan studi yang dijalankan oleh Edelman dan LinkedIn, sebanyak 88% pembuat keputusan (decision-maker) menjawab bahwa konten thought leadership termasuk efektif untuk meningkatkan persepsi kepercayaan mereka akan suatu perusahaan.

Salah satu alasan brand memerlukan blog: banyak pembuat keputusan menganggap konten thought leadership efektif dalam meningkatkan kepercayaan

Sebanyak 48% bahkan mengatakan konten sejenis bisa memengaruhi purchasing decision atau keputusan pembelian mereka.

Blog perusahaan adalah channel paling ampuh untuk menyatakan opini dan pengetahuan tentang industri Anda. Jika Anda mempunyai konten berkualitas tinggi, pembaca akan mulai mempertimbangkan untuk menggunakan produk atau jasa Anda sebagai solusi dari masalah yang mereka hadapi.

2. Sumber Konten Social Media

Alasan brand memerlukan blog selanjutnya adalah sebagai sumber konten media sosial. Sebuah blog post bisa menjadi sumber konten untuk marketing channel lain. Metode ini juga dikenal dengan istilah content repurposing.

Salah satu alasan brand memerlukan blog: konten blog dapat digunakan berbagai kali

Sebagai contoh, satu blog post bisa diubah menjadi:

  • Instagram post (menggunakan software design yang sederhana seperti Canva)
  • Facebook post
  • LinkedIn Slideshare
  • Twitter tweets
  • Dan lain-lain

Jika Anda memiliki blog dengan konten berkualitas tinggi dan keberadaan yang kuat di social media, Anda bisa memastikan konten social media Anda terpenuhi. Dampaknya, tentu saja bisa menarik lebih banyak audiens ke produk Anda.

3. Mendatangkan Visitor Organik melalui SEO (Search Engine Optimization)

Alasan brand memerlukan blog yang pertama adalah mendatangkan visitor organik melalui SEO. Di era digital marketing ini, SEO adalah salah satu channel yang paling ampuh untuk mendatangkan customer baru ke website Anda. Cara terbaik untuk meningkatkan keberadaan dan daya tanding produk Anda di bidang SEO adalah dengan mempublikasikan konten yang berguna untuk customer potensial Anda.

Berdasarkan salah satu riset marketing tool terkemuka Semrush, perusahaan yang rajin menggunakan blog mendatangkan 67% lebih banyak leads (pembeli potensial) ke website mereka.

Jika Anda tidak menulis konten secara strategis, Anda akan tertinggal dari kompetitor-kompetitor dalam pencarian organik Google Search.

Selain itu, blog post tidak hanya berguna untuk memperlebar top of funnel marketing Anda, tetapi dapat untuk mengubah pengunjung website menjadi potential customer secara langsung. 

Dengan kata lain, konten blog post Anda bisa menjadi sumber untuk mendatangkan penjualan langsung, dan bukan hanya sekadar kebutuhan branding.

Alasan lain brand memerlukan blog: konten blog post Anda bisa menjadi sumber untuk mendatangkan penjualan langsung

Anda bisa menggunakan konten blog untuk mengedukasi pengunjung website Anda, dan menjadikan artikel tersebut sebagai kesempatan untuk mempromosikan produk Anda secara tidak langsung (soft promotion). 

Sebagai contoh, blog post dari Qontak ini adalah salah satu jenis konten yang mempromosikan produk mereka sendiri sebagai solusi dari pertanyaan yang sering ditanyakan pemilik bisnis: 5 Alasan Kuat Untuk Menggunakan CRM WhatsApp.

Kesimpulan

Untuk menyimpulkan, berikut 3 alasan kuat brand memerlukan blog:

  1. Menguatkan posisi brand Anda sebagai thought leader atau key opinion leader di industri Anda
  2. Sumber konten untuk social media
  3. Mendatangkan visitor organik melalui SEO (Search Engine Optimization)

Itulah beberapa alasan brand memerlukan blog. Ternyata ada banyak manfaat blog untuk bisnis. Setelah semakin memahami, Anda tentu bisa segera mulai menulis blog.

Get the latest updates delivered right to your inbox!
Having a problem? Email Us: hello@radvoice.id