Brand image atau citra merek menjadi hal yang penting untuk setiap perusahaan penyedia produk dan jasa.
Jika berhasil menciptakan citra yang positif, secara otomatis brand perusahaan Anda akan semakin dikenal dan pendapatan terus meningkat.
Mengutip feedough.com, brand image adalah cara pelanggan menilai sebuah produk atau jasa yang tersedia.
Penilaian ini terus berkembang seiring perjalanan waktu dari produk atau jasa yang diluncurkan.
Biasanya, para pelanggan akan menilai sebuah brand setelah mereka melakukan interaksi dengan produk yang disediakan.
Uniknya, interaksi ini tidak selalu melibatkan pembelian atau penggunaan produk atau jasa.
Interaksi ini dapat terbentuk lewat iklan atau penampakan produk tersebut.
Anda dapat hanya mengandalkan komentar dari satu orang karena setiap orang memiliki penilaiannya masing-masing.
Secara umum, ada beberapa prinsip yang dapat dijadikan pedoman perusahaan untuk menciptakan sebuah brand image.
Apa saja prinsip menciptakan brand image sebuah produk? Simak selengkapnya.
Prinsip dalam Menciptakan Brand Image
RadVoice Indonesia telah merangkum beberapa prinsip menciptakan sebuah brand image seperti berikut ini.
1. Buat Perencanaan dan Struktur
Perencanaan dan struktur menjadi salah satu hal penting dalam menciptakan sebuah brand image.
Anda dapat membuat sebuah perencanaan ketika suatu organisasi akan meluncurkan produk atau jasa.
Selain perencanaan, Anda juga harus membuat struktur untuk menciptakan citra merek.
Cara membuat perencanaan dan struktur dapat diawali dengan mengumpulkan pertanyaan-pertanyaan yang mungkin ditanyakan oleh calon pelanggan.
Untuk membuatnya, Anda dapat melakukan riset sederhana melalui media sosial atau komunitas.
Selain itu, Anda juga dapat mencari referensi dari brand lain dengan produk atau jasa serupa.
Anda di sini hanya mencari referensi, bukan untuk melakukan plagiasi.
2. Komunikasikan Value Proposition
Cara berikutnya adalah mengkomunikasikan value proposition lewat sebuah produk atau jasa.
Mengutip Investopedia, value proposition dalam pemasaran adalah pernyataan singkat tentang manfaat yang diberikan perusahaan kepada pelanggan.
Untuk menyampaikan hal ini, perusahaan wajib mengedepankan manfaat dan kelebihan dari produk atau jasa yang dikeluarkan.
Jika hal ini sudah disepakati, barulah perusahaan mengatur cara mengkomunikasikannya ke konsumen.
Anda dapat memanfaatkan media sosial untuk mengkomunikasikan value proposition kepada calon pembeli.
Pastikan Anda membuatnya dengan menarik dan sesuai target pembeli yang diinginkan.
3. Kembangkan Brand Positioning
Cara selanjutnya yang dapat Anda lakukan adalah mengembangkan brand positioning.
Mengutip Amazon, brand positioning mengacu pada nilai unik yang dihadirkan sebuah merek kepada pelanggan.
Penting untuk pelaku marketing selalu mencari keunikan dari sebuah produk untuk mendapat perhatian pasar.
Jangan ragu untuk turun langsung ke pasar dan bertanya kepada pelanggan terkait produk atau jasa yang dikeluarkan oleh kompetitor.
Hal ini akan mempermudah Anda dalam mencari keunikan produk untuk dipaparkan kepada calon pembeli.
4. Buat Orang Membicarakan Merek Anda
Setelah Anda menemukan keunikan dari produk atau jasa, buatlah orang-orang membicarakannya.
Hal ini dapat terjadi jika Anda memilih kanal pemasaran yang sesuai.
Buatlah calon pembeli penasaran dengan produk Anda, sehingga mereka akan mencari tahu lebih dalam.
Jika memiliki anggaran marketing berlebih, Anda dapat berkolaborasi dengan komunitas atau influencer untuk mengenalkan produk atau jasa perusahaan.
Dengan begitu, produk Anda akan lebih mudah dikenali hingga menjadi pembicaraan orang banyak.
Anda juga jangan ragu untuk memanfaatkan sosial media dalam mengenalkan sebuah produk atau jasa.
5. Investasi pada Strategi PR
Cara terakhir adalah berinvestasi pada strategi PR untuk mengenalkan produk.
Penting untuk marketing dan public relations perusahaan melakukan kolaborasi dalam mengenalkan sebuah produk.
Umumnya, PR akan membuat beberapa strategi pengenalan produk seperti media gathering bersama para wartawan atau influencer.
Bahkan, PR juga akan mengadakan acara menarik untuk mengenalkan produk dengan lebih luas.
Nah, di sinilah perusahaan harus melakukan investasi yang besar untuk menyukseskan strategi dari PR.
Kesimpulan
RadVoice Indonesia telah merangkum ada lima prinsip brand image antara lain:
- Buat perencanaan & struktur
- Komunikasikan value proposition
- Kembangkan brand positioning
- Buat orang membicarakan merek Anda
- Investasi pada strategi PR
Penting untuk semua perusahaan mulai menerapkan prinsip brand image di atas, sehingga produk dan jasa akan lebih mudah dikenali oleh publik. Yuk, dicoba!