Iklan advertorial dan iklan display masih dipilih perusahaan dalam mengenalkan produk atau jasanya.
Dilansir dari Economic Times, advertorial adalah bentuk iklan di surat kabar, majalah, atau situs web yang memberikan tentang produk dalam bentuk artikel.
Sementara itu, iklan display adalah iklan online yang menggabungkan teks, gambar, dan tautan URL.
Nantinya, URL tersebut akan terhubung ke situs web tempat pelanggan dapat mempelajari lebih lanjut tentang atau cara membeli produk.
Jenis iklan ini merupakan bentuk yang paling umum di ranah digital.
Biasanya, jenis iklan ini akan ditampilkan saat Anda membuka pop-up gambar situs web.
Jika dilihat dari pengertiannya, saat ini perusahaan lebih memilih untuk membuat iklan advertorial dibandingkan iklan display.
Mengutip Mekari Jurnal, iklan advertorial memiliki konsep pemasaran yang lebih “halus” dibandingkan dengan iklan display.
Alih-alih melakukan klaim terhadap produk, iklan advertorial justru memberikan edukasi kepada calon pembeli dari barang atau jasa yang ditawarkan.
Tak hanya itu, ada beberapa alasan lain yang membuat iklan advertorial lebih baik daripada iklan display seperti berikut.
Alasan Iklan Advertorial Lebih Baik daripada Iklan Display
RadVoice Indonesia telah merangkum beberapa alasan iklan advertorial lebih baik dari iklan display.
1. Ulasan Lebih Mendalam
Advertorial merupakan gabungan antara aspek promosi dan editorial.
Nah, kombinasi inilah yang membuat iklan advertorial menjadi salah satu media promosi yang menguntungkan untuk sebuah perusahaan.
Sebab, konten yang dipublikan akan lebih otentik dan sesuai dengan visi dan misi perusahaan Anda.
Perusahaan juga dapat mengulas produknya secara lebih mendalam dalam sebuah advertorial.
Anda dapat menjelaskan tentang proses dari awal hingga akhir dari produk yang akan dipasarkan.
Selain itu, Anda juga dapat menjelaskan kelebihan dari produk secara mendalam.
Ingat! Audiens atau calon pembeli biasanya akan lebih senang jika memperoleh informasi yang lebih mendalam tentang sebuah produk.
Jadi, pastikan Anda memanfaatkan hal ini ketika memiliki advertorial sebagai media promosi untuk produk atau jasa milik perusahaan.
2. Lebih Banyak Ruangan untuk Lebih Banyak Informasi
Iklan advertorial memberikan banyak ruang untuk perusahaan dalam menjelaskan produknya.
Semakin besar ruangan yang diberikan, informasi terkait produk juga akan lebih tersampaikan kepada calon pembeli.
Dalam hal ini, perusahaan dapat menceritakan tentang latar belakang menghadirkan produk atau jasa yang akan dipasarkan.
Penting untuk seorang pemasar memanfaatkan ruang ini dalam menjelaskan produknya.
Sebab, penjelasan yang lengkap dalam sebuah artikel dapat membuat audiens lebih tertarik dibandingkan sekadar ajakan untuk membeli atau menggunakan.
Jika Anda bekerja sama dengan media massa, pastikan telah memberi brief yang jelas kepada penulis yang akan menjabarkannya dalam sebuah artikel.
Semakin jelas panduan yang diberikan, penulis atau copywriter akan semakin mudah untuk menerjemahkannya menjadi tulisan.
Pastikan Anda juga telah memberikan referensi terkait dengan artikel yang akan ditulis.
3. Storytelling
Alasan lain iklan advertorial baik daripada iklan display adalah cara penyampaiannya.
Pastikan Anda memilih gaya penulisan storytelling dalam menyampaikan informasi sebuah produk.
Hal ini penting agar konten tidak membosankan ketika dibaca oleh audiens.
Buatlah sebuah kerangka artikel sebelum menulis sebuah advertorial, sehingga hasil akhirnya menjadi lebih menarik untuk dibaca.
Mengutip SEO Design Chicago, tujuan storytelling dalam pemasaran adalah membuat seseorang merasakan sesuatu.
Nantinya, orang tersebut akan merasa terinspirasi untuk mengambil tindakan, misalnya membeli produk yang dipasarkan.
Kesimpulan
Iklan advertorial menjadi salah satu pilihan terbaik dalam memasarkan sebuah produk atau jasa sebuah perusahaan.
Advertorial memiliki berbagai keunggulan seperti:
- Ulasan lebih mendalam
- Lebih banyak ruangan untuk memberi lebih banyak informasi
- Storytelling
Ketiga alasan tersebut dapat menjadi pertimbangan Anda dalam memilih media pemasaran untuk produk atau perusahaan.
Pada akhirnya, tujuan utama pemasaran adalah untuk meningkatkan penjualan dari produk atau jasa perusahaan.
Jadi, sudah yakin memilih iklan advertorial untuk pemasaran produk atau jasa perusahaan Anda?
RadVoice juga menawarkan jasa penulisan dan penerbitan advertorial di media pilihan Anda. Cari tahu beberapa portfolio advertorial RadVoice untuk informasi lebih lanjut.