Table of Contents
Subscribe to Insights and Updates

5 Cara Mengukur Kesuksesan Press Release

Cara Mengukur Kesuksesan press Release

Distribusi press release atau siaran pers adalah sesuatu yang dipertimbangkan oleh setiap pemilik brand demi kebutuhan promosi dan komunikasi.

Namun pertanyaannya, bagaimana cara mengukur kesuksesan press release?

Pada dasarnya, pemilik situs melihat press release sebagai metode untuk membangun tautan. Mereka ingin meningkatkan peringkat situs web mereka melalui jumlah klik yang masif.

Tujuan lainnya adalah mendapatkan exposure halaman pertama di Google News atau mesin pencari untuk kata kunci target.

Dengan tujuan-tujuan ini, ada beberapa karakteristik penilaian dari sebuah press release agar sesuai target.

Cara Mengukur Kesuksesan Press Release

Ada beberapa jenis press release dan fungsinya. Untuk menentukan apakah press release Anda memberikan dampak yang Anda inginkan, disarankan untuk menerapkan berbagai metrik pengukur keberhasilan siaran pers.

Di bawah ini adalah beberapa cara mengukur kesuksesan press release seperti dikutip dari Life Science Newswire.

1. Media yang Menyiarkan

Mengukur jumlah, kualitas, penyebaran, serta jangkauan media yang menerbitkan press release Anda adalah langkah awal yang baik.

Hal ini terjadi setiap kali media menulis sesuatu tentang brand Anda, termasuk mengutip informasi dari siaran pers.

Lacak semua berita online dan cetak. Semakin banyak yang Anda temukan, semakin baik hasilnya.

Di luar kuantitas media yang menyiarkan, kualitasnya bisa jadi lebih menantang untuk ditentukan.

Lihatlah apakah pengambilan informasi dari press release menyertakan tautan atau tidak, bagaimana atributnya, dan apakah halaman diindeks mesin pencari atau tidak. 

Penting juga melihat penyebaran medianya untuk menentukan kanal mana yang Anda jangkau. Misalnya, media bisnis, media teknologi, dan sebagainya.

2. Mention dan Sentimen Sosial

Aspek lainnya dalam mengukur kesuksesan press release adalah melihat bagaimana topik Anda menjadi tren di media sosial.

Apakah nama perusahaan Anda muncul dalam penyebutan di media sosial? Apakah seseorang dari organisasi Anda disebut sebagai pemimpin atau expert dalam topik tersebut?

Perhatikan nada yang digunakan untuk mendeskripsikan berita Anda di saluran media sosial.

Apakah sentimennya positif, negatif, atau netral? Lihatlah komentar dari publik, bukan hanya konten postingan asli.

3. Jumlah Klik pada Link

Jika Anda menambahkan link ke press release Anda, maka ukur jumlah klik yang diterima tautan tersebut.

Buat pelacakan lebih mudah dengan menggunakan URL unik yang berisi informasi pelacakan. 

Salah satu penyingkat URL yang paling sering digunakan adalah Bit.ly, yang secara otomatis melacak tautan Anda dan memberikan statistik yang dapat dilihat secara instan.

4. Traffic Situs Web

Setiap kali Anda mengirimkan rilis, maka salah satu tujuannya adalah mendapatkan lonjakan lalu lintas situs web. Jadi, pastikan untuk mengawasi statistik situs web Anda. 

Untuk membantu proses tersebut, Anda bisa memanfaatkan tools untuk cek traffic website

Meskipun demikian, jangan berkecil hati jika Anda tidak melihat peningkatan lalu lintas web terkait publikasi siaran pers Anda.

Anda sebaiknya cukup mencatat lonjakan lalu lintas web untuk setiap press release yang Anda kirimkan.

Dengan begitu, Anda dapat merasakan peningkatan lalu lintas web dan mulai menganalisis jenis berita apa yang paling banyak menarik pengunjung ke situs Anda.

5. Pengikut Media Sosial

Meningkatkan jumlah pengikut media sosial adalah tujuan bagi banyak perusahaan dan distribusi press release. Hal ini dapat membantu meningkatkan brand awareness Anda.

Meskipun metrik pengikut media sosial dipengaruhi oleh banyak faktor, tidak ada salahnya melacak angka yang ada. Analisislah peningkatan jumlah pengikut sosial Anda, terutama target utama audiens yang melihat.

Audit media sosial dapat membantu Anda menggali lebih dalam informasi audiens. Perhatikan dengan saksama profil pengikut terbaru Anda dan tentukan alasan mereka mengikuti Anda.

Apakah mereka tertarik dengan produk Anda sebagai konsumen? Atau apakah mereka memiliki ketertarikan secara profesional?

Kesimpulan

Distribusi press release dapat memberikan dampak yang lebih luas terhadap brand, citra publik, dan reputasi Anda secara online sebagai bagian dari strategi PR yang lebih luas.

Untuk mengukur kesuksesan dampak tersebut, ada beberapa hal yang bisa diperhatikan.

  1. Media yang menyiarkan
  2. Mention dan sentimen sosial
  3. Jumlah klik pada link
  4. Traffic situs web
  5. Pengikut media sosial

Ketika Anda memanfaatkan rilis media sebagai tempat publisitas untuk menjual produk dan jasa ke audiens, pastikan metrik kesuksesannya sesuai dengan target. Semoga berhasil!

Get the latest updates delivered right to your inbox!
Having a problem? Email Us: hello@radvoice.id