Artikel advertorial bisa menjadi salah satu pilihan untuk mengenalkan bisnis Anda ke publik.
Mengutip Economic Times, advertorial adalah artikel dalam surat kabar, majalah, atau website yang menginformasikan produk dari sebuah perusahaan.
Berbeda dengan artikel lainnya, sebuah perusahaan harus membayar sejumlah biaya untuk menerbitkan advertorial di media massa.
Sesuai dengan sifatnya yang berbayar, sebuah perusahaan atau brand dapat mengatur setiap kalimat dari ketika menulis artikel advertorial sebelum akhirnya tayang di media.
Selain itu, brand atau perusahaan juga dapat membuat sendiri atau meminta pihak media membuat artikel advertorial sesuai dengan brief yang diberikan.
Kendati demikian, Anda tetap tidak boleh menunjukkan dengan jelas bahwa artikel tersebut dibuat untuk tujuan iklan, sehingga akan menarik lebih banyak pembaca.
Nah, jika ingin menulis artikel advertorial yang menarik banyak pembaca, simak artikel berikut.
Tips Menulis Artikel Advertorial yang Menarik
RadVoice Indonesia telah merangkum cara menulis artikel advertorial yang menarik dari berbagai sumber. Berikut tipsnya.
1. Pilih Judul yang Menarik
Judul menjadi salah satu hal penting ketika menulis sebuah artikel, termasuk advertorial.
Jangan pernah mencantumkan brand di bagian judul advertorial jika Anda ingin menarik perhatian pembaca.
Penulisan nama brand di judul mungkin akan membuat para pembaca tidak tertarik dan melewatkan artikel advertorial Anda.
Pilihlah kata atau kalimat yang sifatnya umum, seperti artikel feature dalam sebuah media massa.
Selain judul, Anda juga dapat memilih kalimat pembuka yang sifatnya umum dan tidak terkesan seperti iklan.
Pasalnya, pembaca akan tertarik dengan artikel yang Anda buat jika judul dan paragraf awalnya menarik sebelum membaca sampai akhir.
Jadi, penting untuk Anda selalu memilih kata atau kalimat yang menarik dan tidak terkesan iklan ketika menulis dua bagian ini.
2. Riset Media
Advertorial merupakan artikel yang berbayar, sehingga Anda harus menambahkan budget khusus jika ingin mempublikasikannya ke media massa.
Jika tidak ingin budget yang dikeluarkan terbuang percuma, sebaiknya Anda melakukan riset mengenai media yang akan dipilih sebagai publikasi.
Pastikan media yang dipilih memiliki reputasi baik di publik. Jangan sampai Anda sudah mengeluarkan banyak dana, tetapi media yang dipilih tidak kredibel.
Anda juga perlu mencari tahu ranking dan jumlah pembaca dari media yang akan dipilih untuk menerbitkan iklan advertorial.
Pemilihan media menjadi penting karena keputusan apa pun akan memiliki dampak terhadap reputasi dan juga brand awareness perusahaan Anda.
3. Jelaskan secara Detail
Sesuai dengan tujuannya, advertorial harus berisi informasi bisnis atau produk yang sangat detail, sehingga akan dikenal oleh publik.
Kendati demikian, penjelasan terkait bisnis atau brand tidak boleh terlalu eksplisit layaknya sebuah iklan.
Buatlah sebuah cerita yang menarik, sehingga audiens tidak merasa sedang membaca sebuah iklan dari perusahaan.
Mengutip Copyblogger.com, cerita yang berisi fakta-fakta dari sebuah brand akan menarik rasa penasaran pembaca terkait produk Anda.
Selain itu, Anda juga memilih kalimat dengan tone sedang membaca sebuah cerita, bukan artikel berita di sebuah media.
Kalimat dengan gaya yang lebih santai mungkin akan menarik perhatian pembaca karena tidak terkesan sedang membaca artikel promosi.
4. Tutup dengan Call to Action
Call to Action atau CTA merupakan hal penting dalam sebuah kegiatan marketing, termasuk dalam penulisan advertorial.
Mengutip Semrush Blog, CTA akan menarik perhatian audiens secara instan, sehingga brand awareness akan terbangun dengan baik.
Jadi, penting untuk Anda selalu memberikan kalimat CTA saat menulis advertorial di media massa.
Sebuah kalimat ajakan pada penutup artikel dianggap lebih efektif untuk menarik perhatian calon konsumen.
Jadi, jangan ragu untuk selalu memasukkan alamat website perusahaan Anda di bagian akhir sebuah artikel.
Kesimpulan
Artikel advertorial akan menarik perhatian pembaca jika Anda telah melakukan empat hal berikut ini.
1. Pilih judul yang menarik
2. Riset media
3. Jelaskan secara detail
4. Tutup dengan CTA
Keempat cara di atas akan memberikan dampak positif terhadap bisnis Anda selama dilakukan dengan baik.
Yuk, coba mulai terapkan empat tips menulis artikel advertorial di atas!