Sebagai seorang pelaku usaha, Anda perlu membangun kredibilitas brand. Bukan tanpa sebab, membangun kredibilitas bisnis merupakan salah satu faktor supaya bisnis yang dijalankan diterima oleh masyarakat.
Dikutip dari Branding Strategy Insider, kredibilitas brand adalah pendorong niat membeli konsumen. Studi menunjukkan bahwa semakin kredibel suatu merek, semakin tinggi niat beli terhadap merek tersebut.
Penerimaan sebuah brand oleh masyarakat merupakan hal yang sangat positif. Bisnis yang Anda jalankan tentunya akan mengalami peningkatan dalam penjualan.
Banyak pelanggan harus percaya suatu brand terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membeli produk tersebut.
Cara Membangun Kredibilitas Brand lewat Konten
Jika Anda merintis usaha namun tidak mementingkan kredibilitas brand, maka dapat dipastikan bisnis yang dijalankan akan kalah saing dengan kompetitor.
Maka dari itu, penting bagi Anda untuk membangun kepercayaan pelanggan. Berikut cara membangun kredibilitas brand lewat konten.
1. Buat Konten yang Berkualitas
Kualitas konten menjadi cara paling penting untuk membangun kredibilitas. Ada tiga ciri konten berkualitas: informatif, mudah ditemukan, dan mudah dimengerti.
Buatlah konten yang berisi informasi yang dibutuhkan oleh konsumen. Bila perlu, konten yang dibuat menggunakan hasil wawancara langsung dengan ahlinya.
Jangan berlebihan, namun sesuaikan dengan kelebihan yang ditawarkan oleh brand Anda.
Tidak hanya itu, buatlah konten yang mudah dimengerti oleh konsumen dengan menggunakan gaya bahasa yang ringan.
2. Konsistensi
Membangun kredibilitas tidak bisa dilakukan dengan cepat. Dibutuhkan konsistensi agar bisa meluluhkan hati pelanggan.
Dikutip dari Search Engine Journal, kebanyakan dari pengguna media sosial akan meng-unfollow brand yang jarang memposting konten. Hal serupa juga berlaku untuk blog.
Maka dari itu, dibutuhkan konsistensi untuk membuat konten-konten yang bermanfaat dan memberikan inspirasi bagi pelanggan agar mereka tertarik dengan brand Anda.
3. Transparan
Kepercayaan pelanggan menjadi modal untuk meningkatkan kredibilitas brand Anda. Untuk menumbuhkan kepercayaan pelanggan, Anda perlu bersikap transparan.
Menerbitkan konten berupa studi kasus berdasarkan pengalaman sendiri adalah cara yang tepat.
Dikutip dari ROI Online, studi kasus membuktikan bahwa Anda tidak menyembunyikan apa pun dari pelanggan.
Dengan memberi konsmen angka dan data yang tepat dari bisnis Anda, Anda secara efektif menunjukkan bahwa tidak ada rahasia antara Anda dan audiens.
4. Riset Kompetitor
Konten hebat tidak hanya membangun kredibilitas merek Anda, tetapi juga membuat brand Anda tampak lebih kredibel daripada pesaing.
Membuat konten yang lebih baik daripada yang dibuat oleh pesaing akan membuat kredibilitas brand Anda meningkat.
Jika konten Anda lebih berguna dan detail, Anda memiliki kesempatan untuk menunjukkan kepada pembaca bahwa Anda tahu lebih banyak tentang subjek tersebut daripada pesaing Anda.
Jadi, jangan ragu untuk melakukan riset terhadap apa yang dilakukan kompetitor untuk membangun kredibilitas brand mereka.
Kesimpulan
Membangun kredibilitas brand lewat konten bisa dibilang susah-susah gampang. Secara umum, berikut empat cara yang bisa dilakukan untuk membangun kredibilitas brand melalui konten.
- Buat konten yang berkualitas
- Konsisten
- Transparan
- Riset kompetitor
Itulah beberapa tips untuk membangun kredibilitas brand lewat konten. Namun, yang perlu diingat bahwa pelayanan juga merupakan modal untuk membangun kredibilitas brand.
Kredibilitas yang dibuat semaksimal mungkin namun tidak memberikan pelayanan yang maksimal tidak akan ada artinya.
Pelanggan yang puas dengan pelayanan yang diberikan tidak akan ragu-ragu untuk merekomendasikan brand Anda kepada orang lain. Selamat mencoba!