Press release menjadi salah satu unsur penting dalam sebuah acara, termasuk konser musik.
Sayangnya, tidak semua wartawan merasa puas dengan siaran pers yang diberikan penyelenggara acara musik.
Beberapa rekan media mungkin lebih memilih untuk mendapatkan informasi sendiri dibandingkan menulis ulang press release dari penyelenggara.
Isi press release yang kurang informatif biasanya menjadi salah satu alasan rekan media tidak menggunakan siaran pers dalam menulis artikel acara konser.
Jadi, penting untuk praktisi PR dari perusahaan promotor memperhatikan tips menulis press release.
Tips Menulis Press Release
Tips menulis press release berikut bisa jadi perhatian humas promotor sebelum menyebarkannya kepada rekan media. Dijamin publish!
1. Judul Jangan Clickbait
Saat menulis press release konser, pastikan tidak menggunakan judul clickbait. Mengutip edu.GCFGlobal.org, clickbait adalah judul sensasional yang mendorong Anda untuk mengklik tautan ke artikel, gambar, atau video.
Alih-alih menampilkan fakta objektif, judul clickbait kerap memancing emosi dan keingintahuan Anda.
Dalam menulis press release konser musik, Anda tidak perlu melakukan hal tersebut.
Pasalnya, wartawan akan lebih tertarik dengan judul eye-catching, yang mewakili isi dari siaran pers acara Anda.
Pastikan judul yang diberikan sesuai isi dan tujuan konser tersebut.
Selain itu, Anda juga harus mencantumkan nama acara di bagian judul, sehingga media akan lebih tertarik untuk menerbitkannya.
2. Tambahkan Kutipan dari Pengisi Acara
Kutipan jadi salah satu unsur penting ketika menulis press release, tidak terkecuali untuk konser musik.
Sayangnya, praktisi PR hanya memberikan kutipan dari promotor tanpa menambahkan kalimat dari pengisi acara.
Padahal, kutipan dari pengisi acara utama atau artis dapat memberikan kesan tersendiri untuk wartawan saat akan mengolah siaran pers Anda.
Adanya kutipan dari artis atau pengisi acara bisa memperkuat isi dari siaran pers konser musik yang Anda kirimkan ke rekan media.
Ingat, tidak semua wartawan mendapatkan kesempatan untuk mewawancarai artis atau pengisi acara secara langsung.
Jadi, sebuah kutipan dari artis bisa menjadi penguat untuk artikel yang ditulis oleh rekan media.
3. Data Penjualan Tiket
Selain kutipan, data menjadi salah satu hal penting dalam sebuah siaran pers.
Data dalam hal ini seperti penjualan tiket bisa menjadi hal menarik untuk wartawan sebelum mereka mempublikasikan siaran pers yang Anda kirimkan.
Anda tidak perlu menjabarkan data secara detail. Cukup tuliskan persentase penjualan dari target awalnya saja.
Jumlah penjualan tiket juga bisa dijadikan judul untuk siaran pers Anda.
Hal ini mungkin bisa menarik perhatian para wartawan dalam mengolah siaran pers yang Anda berikan.
Penjualan tiket sering dijadikan acuan untuk menilai kesuksesan sebuah konser musik.
Alih-alih menulis “terjual habis”, lebih baik Anda menggunakan jumlah dari penjualan tiket sebagai judul siaran pers yang akan diberikan.
Hal tersebut mungkin akan menarik perhatian para jurnalis ketika membaca siaran pers yang Anda kirimkan.
4. Cerita Singkat Pengisi Acara
Sebagai penutup, Anda juga dapat menuliskan cerita dari pengisi acara konser tersebut.
Jelaskan awal mula mereka memulai karier hingga akhirnya dapat mengadakan konser bersama para penggemarnya.
Bagian ini dapat memberikan keuntungan bagi para artis, khususnya yang baru merintis di dunia hiburan.
Selain itu, cerita dari artis atau pengisi acara juga menjadi informasi penting untuk seorang wartawan dalam menulis berita.
Pada bagian ini, Anda perlu menuliskan dengan singkat dan tidak terlalu detail mengenai karier pengisi acara tersebut.
Anda hanya perlu menulis tentang awal karier, tantangan, dan pencapaian terbaik dari pengisi acara di konser tersebut.
Anda juga dapat memasukkannya ke dalam fact sheet, sehingga akan lebih mudah untuk dibaca oleh jurnalis.
Kesimpulan
Sebuah siaran pers acara konser musik mungkin akan menarik perhatian wartawan jika memiliki empat hal berikut.
- Judul tidak bersifat clickbait
- Tambahkan kutipan dari artis dan promotor
- Data penjualan tiket
- Cerita singkat dari pengisi acara
Itulah tips-tips menulis siaran pers untuk konser musik yang efektif dan dapat dilirik oleh wartawan media massa.
Jadi, sudah siap untuk menulis press release yang efektif dengan formula tersebut?