Cara menulis artikel review produk ternyata tidak semudah yang dibayangkan. Pasalnya, tidak semua media bersedia memberikan ruang kepada brand untuk mempromosikan produknya secara gratis.
Artikel review produk yang kesannya promosi mungkin akan langsung diabaikan oleh media karena kebijakan redaksi.
Penting untuk penulis artikel atau press release agar menggunakan kata-kata yang sesuai. Dengan begitu, kesan promosi tidak terlihat ketika mengulas produk atau jasa.
Kejujuran juga sangat dituntut ketika menulis sebuah artikel review produk, sehingga pembaca akan kembali melihat situs Anda ketika akan membeli atau menggunakan sebuah barang atau jasa.
Nah, jika ingin menulis artikel review produk yang tidak terkesan promosi, simak rangkuman dari RadVoice Indonesia berikut ini yuk!
Cara Menulis Artikel Review Produk
Cara menulis artikel produk yang tidak terkesan promosi harus memperhatikan beberapa unsur berikut.
1. Gunakan Kata Tanya untuk Judul
Saat menulis artikel review produk, Anda perlu memilih judul yang dapat mengundang rasa penasaran audiens.
Penggunaan kata tanya untuk judul bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menarik perhatian para pembaca agar mereka melihat ulasan dari produk tersebut.
Anda mungkin tidak dapat menulis nama brand, tetapi Anda dapat menaruh kandungan utama dari produk tersebut sebagai judul artikel.
Misalnya, Anda akan mengeluarkan produk snack sehat untuk membantu program diet seseorang.
Judul yang Anda dapat gunakan adalah, “Snack dengan Kalori Rendah Bantu Penurunan Berat Badan dengan Cepat, Benarkah?”
Nantinya, Anda dapat menulis tentang jumlah kalori dan kandungan dari produk yang sudah diberikan oleh brand untuk diulas.
Anda dapat mencari kata kunci menarik melalui beragam tools SEO ketika ingin membuat judul sebuah artikel.
2. Jelaskan Kelebihan dan Kekurangan Produk
Artikel review produk berbeda dengan promosi berbayar, sehingga Anda harus menjelaskan tentang kelebihan dan kekurangannya.
Mengutip Indeed.com, artikel review berisi tentang ulasan kelebihan dan kekurangan dari sebuah produk atau jasa.
Jadi, Anda tidak perlu takut untuk menjelaskan dengan detail kekurangan dari produk tersebut, asalkan hal tersebut memang Anda rasakan sebelum menuliskannya.
Penting untuk perusahaan selalu memberikan atau meminjamkan produknya kepada jurnalis ketika akan mengulas produk yang Anda keluarkan.
Kekurangan yang dituliskan dengan jelas mungkin akan memberikan dampak negatif pada penjualan.
Namun, hal ini akan menjadi sebuah pelajaran terbaik untuk brand dalam mengeluarkan produk berikutnya.
Sebaliknya, saat menulis kelebihan sebuah produk Anda juga tidak perlu memberikan kesan terlalu memujanya.
Anda harus tetap bersifat netral, sehingga pembaca juga akan lebih fokus terhadap kandungan yang ada di dalam produk tersebut.
3. Bandingkan dengan Produk Serupa
Hal penting lainnya yang perlu diperhatikan saat menulis artikel produk adalah perbandingan. Pembaca akan lebih suka jika ada penjelasan produk serupa dalam sebuah artikel.
Perlu diingat bahwa produk pembanding harus memiliki kandungan dan manfaat yang sama, sehingga Anda dapat mengulasnya dengan lebih mudah.
Saat membandingkan dengan produk lain, Anda tetap harus netral dan tidak menjatuhkan produk lainnya, ya.
Anda hanya perlu memberikan informasi seperti perbandingan harga, kemasan, atau kandungan yang ada di dalam produk tersebut.
Posisikan diri Anda sebagai pembaca yang akan membeli produk atau jasa dari sebuah brand.
Berikan informasi yang lengkap dan mudah dipahami oleh pembaca.
Jangan ragu untuk menambahkan penjelasan ahli ketika mengulas produk, apalagi yang berhubungan dengan kesehatan atau kecantikan.
Artikel yang disertai sumber terpercaya mungkin akan membuat pembaca lebih tertarik dan akan menunggu ulasan lain di situs web Anda.
Kesimpulan
Artikel review produk tidak akan terkesan promosi jika memperhatikan beberapa hal berikut.
- Gunakan kata tanya sebagai judul
- Tulis kelebihan dan kekurangan produk
- Bandingkan dengan produk serupa
Jika ketiga unsur penting dalam penulisan artikel produk di atas diperhatikan, media akan lebih senang untuk menyiarkannya secara cuma-cuma.
Jadi, sudah berani untuk menulis artikel review produk untuk brand Anda?