3+ Topik Press Release yang Bikin Media Asing Tertarik

Atribusi dalam Berita

Saat menulis sebuah press release, Anda pasti ingin berita tersampaikan secara luas. Kalau memungkinkan hingga ke luar negeri. Salah satu cara yang harus dilakukan untuk meraih audiens dari luar negeri adalah melalui media asing.

Jika ingin siaran pers dilirik media asing, Anda harus melihat beberapa referensi topiknya seperti berikut ini. Berbeda dengan media lokal, media asing punya ketertarikan sendiri dalam mengolah press release. Sebagai praktisi PR, Anda harus mengetahui hal tersebut.

Topik Press Release yang Bikin Media Asing Tertarik

Beberapa press release berikut ini sangat disukai oleh media asing, lho. Berikut topiknya.

1. Sifatnya General

Siaran pers adalah berita atau pengumuman resmi yang dikeluarkan perusahaan maupun lembaga untuk media. Tujuannya agar informasi tersampaikan kepada masyarakat luas. Hindari melakukan kesalahan saat menulis siaran pers, ya.

Jika dilihat dari pengertian dan tujuannya, siaran pers ditulis untuk dibaca oleh banyak orang. Jadi, penting untuk Anda memperhatikan isi dari press release yang dibuat dan disebarkan kepada rekan media luar negeri.

Media asing akan lebih menyukai siaran pers yang sifatnya general, bukan hanya tentang perusahaan Anda. Pastikan isi siaran pers Anda memiliki daya tarik untuk pembaca asing atau yang belum mengetahui mengenai perusahaan Anda.

Salah satu tipsnya yakni memberikan gambaran luas tentang industri Anda dan bagaimana perusahaan Anda turut memiliki andil di dalamnya.

2. Tantangan Perusahaan

Cerita perjalanan perusahaan menjadi salah satu tema yang disukai oleh pembaca, termasuk di luar negeri. Biasanya, anak muda yang sedang belajar bisnis akan aktif mencari artikel tentang cara perusahaan mengatasi tantangan di dunia bisnis.

Para pengusaha baru mungkin akan mengambil pelajaran dari pengusaha yang sempat mengalami masalah dalam mengembangkan bisnisnya.

Misalnya, jika Anda ingin mengeluarkan produk baru, jangan ragu untuk menyisipkan cerita perjalanan produk-produk dari perusahaan Anda. Hal itu mungkin akan dikutip oleh media asing sebagai background untuk mengenalkan perusahaan Anda ke publik.

3. Pencapaian Perusahaan

Topik press release lain yang juga disukai media asing adalah tentang pencapaian perusahaan. Setiap orang, khususnya yang sedang belajar menjalankan bisnis, mungkin akan mencari kisah sukses seseorang melalui artikel di media.

Hal ini dapat dimanfaatkan perusahaan ketika ingin meraih lebih banyak perhatian dari publik. Cerita tentang perusahaan yang berhasil mendapatkan pendanaan masih sangat disukai oleh banyak orang. Apalagi publik sudah tahu tentang perjalanan awal founder dalam mengembangkan usahanya.

Banyak pengusaha baru yang mencari insight dari kisah-kisah sukses pebisnis lain dalam mengembangkan usahanya. Jadi, jangan sia-siakan hal ini jika ingin mengenalkan perusahaan ke publik.

4. Isu Terkini

Jenis press release yang pasti tidak akan ditolak oleh media asing adalah isu terkini. Berita terbaru memang masih menjadi pilihan, apalagi jika isunya masih sangat hangat.

Praktisi PR wajib untuk memanfaatkan hal ini ketika ingin membagikan siaran pers ke media massa di luar negeri. Dikutip dari Cision, jangan lupa untuk menyertakan kutipan dari ahli dan pemangku kebijakan tertinggi di perusahaan Anda.

Misalnya, Anda dapat memilih judul resesi 2023 untuk siaran pers dan menjelaskan tentang cara perusahaan menghadapinya.

Isi press release tersebut mungkin akan menarik perhatian dari media dan juga publik, sebab mereka ingin mengetahui solusi dari permasalahan yang diangkat.

Kesimpulan

Media asing mungkin akan menyiarkan informasi terkait perusahaan Anda, tetapi mereka juga akan memilih tema-tema menarik agar diminati oleh publik.

RedVoice Indonesia telah merangkum 3+ saran topik press release yang diminati oleh media asing.

1. Sifatnya general 

2. Tantangan perusahaan 

3. Pencapaian perusahaan 

4. Isu terkini

Itu dia topik-topik press release yang bikin media asing tertarik. Anda juga wajib mengetahui apa saja yang jadi pertimbangan wartawan saat menerima press release. Yuk, coba terapkan di perusahaan Anda.

Contact Us!
Contact Us!
RadVoice Indonesia
Hello
Can we help you?