3 Cara Meningkatkan Traffic Website dari Media Sosial

website company profile

Penulisan konten di website atau blog masih menjadi cara efektif yang dapat digunakan bisnis dan perusahaan untuk menjangkau audiens.

Konten yang disajikan dalam blog biasanya memiliki informasi yang lebih spesifik dan mendalam, sehingga membantu Anda mencapai tujuan bisnis yang diharapkan dengan lebih efektif.

Namun demikian, konten yang detail dan spesifik saja belum cukup untuk meningkatkan traffic website. Muncul tantangan bagi bisnis atau perusahaan yang mengandalkan blog untuk visibilitas online-nya: media sosial.

Di era digital yang serba cepat, audiens beralih menggunakan platform media sosial yang menyajikan informasi secara singkat dan cepat, didukung oleh visual yang menarik.

Bagaimana cara mempertahankan keunggulan blog dan meningkatkan traffic website di tengah maraknya penggunaan media sosial?

Meningkatkan Traffic Website dengan Bantuan Media Sosial

Demi mempertahankan keunggulan blog di era media sosial, ada beberapa cara yang dapat Anda terapkan. Berikut ulasan RadVoice Indonesia selengkapnya.

Jaga Kualitas Konten

SEO dan Copywriting
Membuat konten berkualitas dan SEO-friendly merupakan langkah organik untuk meningkatkan traffic website Anda. (Foto oleh Freepik)

Content is king. Hal pertama yang perlu diperhatikan untuk menjaga keunggulan blog dan meningkatkan traffic website adalah dengan menjaga kualitas konten.

Tulislah konten blog yang tidak hanya menarik tapi juga bermanfaat bagi audiens.

Selain konten yang mengikuti tren dan up-to-date, Anda juga perlu menulis konten evergreen atau konten dengan timeless topic yang selalu relevan dengan audiens.

Baca juga: 3+ Jenis Konten Evergreen untuk Stabilkan Traffic

Optimalkan penerapan SEO dalam penulisan artikel blog dengan menambahkan keyword, internal dan external link, hingga penggunaan subheading.

Setelah membuat suatu konten untuk ditayangkan di website atau blog, buatlah versi lain dari konten tersebut untuk dibagikan ke platform media sosial.

Jika konten yang ditulis untuk blog atau website berisi informasi yang detail dan spesifik, maka konten yang dibuat untuk ditayangkan di media sosial cenderung lebih singkat dan menarik secara visual. Contohnya seperti cuplikan blog, infografik, foto, dan video.

Pilih Platform Media Sosial yang Tepat

Meningkatkan Traffic Website dari Media Sosial
Gunakan platform media sosial untuk membantu meningkatkan traffic website atau blog Anda. (Foto oleh Freepik)

Media sosial adalah platform yang ampuh untuk meningkatkan traffic website secara efektif, khususnya pada era digital yang serba cepat.

Setelah membuat konten untuk ditayangkan di website atau blog, Anda perlu memutuskan jenis platform media sosial apa yang cocok untuk penayangan konten tersebut.

Ini karena setiap platform media sosial memiliki target audiens yang berbeda.

Anda perlu mengetahui terlebih dahulu target audiens yang ingin Anda sasar sebelum menentukan platform yang tepat.

Misalnya, jika Anda menyasar generasi milenial, maka Facebook masih menjadi platform media sosial terfavorit bagi grup tersebut, juga bagi generasi X.

Sementara jika Anda menyasar generasi Z, maka platform yang bisa Anda pilih adalah Instagram dan YouTube.

Bagikan Konten secara Teratur di Media Sosial

Setiap kali Anda menayangkan suatu konten di website atau blog, bagikan konten tersebut di platform media sosial yang telah ditentukan secara teratur.

Namun, alih-alih membagikannya dalam versi lengkap layaknya di website, gunakan konten yang telah disiapkan untuk platform media sosial.

Jangan lupa untuk menyertakan:

  1. Kalimat call-to-action dalam caption konten media sosial yang berisi ajakan untuk melihat konten tersebut secara lebih detail dan mendalam dari website dan blog Anda.
  2. Link artikel atau blog untuk mendatangkan traffic website.
  3. Tagar atau hashtag yang relevan dengan topik konten yang dibagikan.

Menurut data SproutSocial, penggunaan tagar mampu meningkatkan performa konten media sosial serta menjangkau lebih banyak audiens.

Dengan adanya tagar, baik tagar berisi kata kunci umum (contoh: #penulisankonten) maupun tagar berisi kata kunci yang spesifik (contoh: #usergeneratedcontent) akan membuat konten Anda lebih mudah ditemukan dan menarik audiens dengan minat (niche) serupa.

Kesimpulan

Untuk mempertahankan keunggulan blog dan meningkatkan traffic website, manfaatkan platform media sosial yang Anda pilih dengan cara:

  1. Buat konten yang berkualitas, baik untuk di situs web maupun media sosial.
  2. Pilih platform media sosial yang sesuai dengan target audiens.
  3. Bagikan konten website atau blog secara teratur di media sosial untuk menjangkau audiens.

Jadi, apakah Anda sudah menentukan ingin membagikan konten di platform media sosial yang mana?

Contact Us!
Contact Us!
RadVoice Indonesia
Hello
Can we help you?