Peran AI dalam Analisis Media untuk Tech Startup

ai untuk tech startup

Penggunaan teknologi artificial intelligence (AI) kini telah menjadi salah satu strategi utama untuk tech startup atau startup teknologi. 

Keberadaan AI telah membantu analisis media bagi startup untuk membuat materi pemasaran, ide konten, hingga mengirim email ke pelanggan. 

Apabila dimanfaatkan dengan baik, penggunaan teknologi ini akan membantu memberikan awal yang lebih baik bagi tech startup.

RadVoice Indonesia telah merangkum tentang penggunaan AI dalam analisis media untuk tech startup sebagai berikut.  

AI untuk Tech Startup

AI sebenarnya bukan hal baru dalam dunia startup. Dikutip dari Hubspot, meski pembicaraan tentang AI mulai meledak beberapa tahun terakhir, startup dan bisnis telah menggunakan AI sejak tahun 1980-an hingga 1990-an.  

Keberadaannya semakin berkembang dengan akses internet pada tahun 1990-an dan 2000-an ketika teknologi AI membantu menanggapi pertanyaan pelanggan melalui chatbot, membuat rekomendasi kepada pembeli berdasarkan riwayat pembelian, hingga mempercepat transaksi dengan sistem pembayaran AI.

ai untuk tech startup
Teknologi AI membantu menanggapi pertanyaan pelanggan melalui chatbot hingga membuat rekomendasi kepada pembeli berdasarkan riwayat pembelian. (Foto oleh Freepik)

Bagi tech startup, AI dapat membantu memberikan ide baru maupun mengembangkan teks hingga video untuk konten.  

Berikut adalah beberapa cara AI yang dapat dimanfaatkan oleh tech startup.

Analisis Sentimen di Media Sosial

Tech startup dapat menggunakan AI untuk menganalisis sentimen pelanggan di media sosial seperti Instagram, Facebook, maupun X (sebelumnya Twitter).

AI dapat mendeteksi apakah komentar pengguna bersifat positif, negatif, atau netral. Jika banyak keluhan yang muncul terkait suatu produk atau layanan, perusahaan dapat segera mengambil tindakan dengan memperbaiki fitur atau meningkatkan layanan pelanggan. 

Salah satu alat yang dapat digunakan adalah Hootsuite Insights untuk menganalisis opini terhadap brand maupun kampanye secara real-time. 

Personalisasi Konten

Banyak tech startup, terutama yang bergerak di bidang media atau e-commerce, menggunakan AI untuk menyesuaikan konten kepada pengguna. 

Dikutip dari Ivosights, AI akan memberikan rekomendasi konten yang dipersonalisasi hingga meningkatkan keterlibatan audiens berdasarkan analisis data pengguna. 

Dalam hal ini, AI juga dapat memprediksi perilaku pelanggan di masa depan, sehingga membuat perusahaan dapat merancang strategi yang lebih efektif. 

ai untuk tech startup
AI akan memberikan rekomendasi konten yang dipersonalisasi hingga meningkatkan keterlibatan audiens berdasarkan analisis data pengguna. (Foto oleh Freepik)

Misalnya, Amazon yang telah menggunakan AI untuk memprediksi produk yang mungkin diminati pelanggan berdasarkan riwayat pembelian mereka. 

Kemudian, Netflix dan Spotify yang memanfaatkan AI untuk merekomendasikan film atau lagu berdasarkan preferensi pengguna. 

Laporan dan Media Monitoring

Tech startup dapat menggunakan AI untuk menghasilkan laporan analisis media berdasarkan data yang dikumpulkan dari berbagai platform

Media monitoring dan analisis data dari berbagai sumber seperti berita online, forum diskusi, termasuk media sosial sangat penting untuk memahami tren pasar dan opini publik. Namun, jika dilakukan manual tentu proses ini akan memakan waktu. 

Untuk itu, peran AI dalam melakukan media monitoring dapat membantu tech startup mendapatkan informasi yang lebih cepat dan akurat. 

ai untuk tech startup
Media monitoring dan analisis data dari berbagai sumber seperti berita online, forum diskusi,
termasuk media sosial sangat penting untuk memahami tren pasar dan opini publik. (Foto oleh Freepik)

Salah satu alat yang dapat digunakan adalah Meltwater, untuk membantu melacak berita online, menganalisis opini publik tentang brand, hingga mengevaluasi keberhasilan kampanye perusahaan. 

Penggunaan alat ini memungkinan perusahaan melacak berita atau kata kunci tertentu secara otomatis dan mengirimkan ringkasan. 

Alat lainnya yang dapat digunakan adalah Sprinklr AI untuk menghasilkan laporan otomatis yang berisi analisis tentang insight pelanggan maupun dampak media terhadap bisnis. 

Analisis Kampanye Media dan Iklan  

AI dapat membantu tech startup mengevaluasi iklan digital dengan menganalisis performa kampanye di berbagai platform

Dengan memanfaatkan AI, perusahaan dapat mengetahui iklan mana yang memiliki engagement tertinggi dan mengoptimalkan strategi untuk menjangkau audiens. 

Contohnya adalah penggunaan Meta Advantage, yang secara otomatis mengoptimalkan pengeluaran iklan berdasarkan audiens yang paling mungkin berinteraksi. 

Kesimpulan 

Memanfaatkan AI untuk analisis media akan membantu tech startup menganalisis sentimen pelanggan, memberikan rekomendasi konten, hingga mengevaluasi kampanye perusahaan. 

Beberapa cara AI yang dapat dimanfaatkan oleh startup yakni:

  • Analisis sentimen di media sosial
  • Personalisasi konten
  • Laporan dan media monitoring
  • Analisis kampanye media dan iklan

Dengan pemanfaatan AI, tech startup dapat lebih strategis membangun brand awareness dan meningkatkan efektivitas kampanye.

Contact Us!
Contact Us!
RadVoice Indonesia
Hello
Can we help you?