Setiap tahun memiliki peluang, pembelajaran, dan tantangannya tersendiri. Tahun ini, RadVoice Indonesia berhasil menyelesaikan berbagai proyek dari klien-klien baru hingga memperbesar tim perusahaan.
Berikut sebagian hal yang RadVoice capai selama dua belas bulan terakhir.
Menulis untuk The Jakarta Post
The Jakarta Post, media berbahasa Inggris terkemuka di Indonesia, menugaskan RadVoice untuk menulis tiga artikel yang menjabarkan berbagai pandangan dan tren seputar sektor kesehatan, keuangan, dan keamanan siber (cybersecurity) Indonesia pada 2024.
Masing-masing artikel menyertakan wawancara dengan setidaknya tiga pihak berbeda, termasuk para pakar industri, pejabat publik, dan pengamat industri.
Ketiga artikel terbit di tanggal berbeda sepanjang Februari 2024.
Menuliskan dan Menayangkan Press Release Austria Tourism
Bulan Mei, Austria Tourism (badan pariwisata nasional Austria) mengumumkan kerja samanya dengan Traveloka untuk mempromosikan pariwisatanya di Indonesia, Malaysia, Singapura, dan Thailand.
Austria Tourism menggandeng RadVoice untuk menulis dan mempublikasikan press release terkait berita tersebut di berbagai media online Indonesia.
RadVoice memuat siaran pers tersebut di sepuluh media mainstream dan bisnis, memperluas jangkauan informasi ke masyarakat luas.
Baca juga: RadVoice Menulis Press Release untuk Austria Tourism dan Menerbitkannya di Media Indonesia
Memproduksi Laporan Tahunan Gugah Nurani Indonesia
Gugah Nurani Indonesia (GNI), sebuah yayasan pemenuhan hak anak berpusat di Jakarta, menunjuk RadVoice pada September untuk menulis dan mendesain laporan tahunan GNI untuk 2023.
Proyek ini mencakup penulisan artikel dalam bahasa Indonesia sebelum diterjemahkan ke bahasa Inggris.
RadVoice turut me-layout laporan hingga siap cetak.
Baca juga: RadVoice Menggarap Laporan Tahunan LSM Anak Gugah Nurani Indonesia
Mengkurasi dan Mengedit Berita untuk Tech in Asia
Mulai September, RadVoice memilih dan menyunting berita yang tayang di Tech in Asia (TIA) sebagai bagian dari inovasi TIA dalam mengusung AI untuk jurnalismenya.
RadVoice memilah ratusan sumber seperti media dan agensi PR sebelum mempublikasikannya.
Hingga hari ini, tim RadVoice telah menerbitkan lebih 1.700 artikel yang mencakup beragam topik seperti startup, pendanaan, crypto, AI, Big Tech, dan lainnya.
Baca juga: RadVoice Mengkurasi dan Mengedit ‘News by AI’ Tech in Asia
Menulis dan Menerbitkan Siaran Pers China-Global South Project
RadVoice di bulan Oktober menerjemahkan dan menayangkan siaran pers media nirlaba China-Global South Project (CGSP) tentang laporannya perihal industri nikel di Indonesia.
Siaran pers tersebut terbit di lima media online nasional.
Baca juga: RadVoice Menerbitkan Press Release Riset Nikel China-Global South Project di Media Nasional
Menulis dan Menerbitkan Siaran Pers Thunderbird School of Global Management
Bulan lalu, RadVoice menulis siaran pers tentang kunjungan Charla Griffy-Brown, dekan Thunderbird School of Global Management (bagian dari Arizona State University), ke Jakarta.
RadVoice menargetkan dua media online Indonesia, menempatkan siaran pers tersebut di kanal berbahasa Inggris.
Baca juga: RadVoice Menulis Siaran Pers untuk Thunderbird Jakarta, Bagian dari Arizona State University
RadVoice Diwawancarai oleh Media Asing
RadVoice berkesempatan menerima wawancara dari dua media asing terkemuka di tahun ini.
Juni lalu, CNA dari Singapura mewawancarai Randy Mulyanto, pendiri dan kepala penulis RadVoice, terkait wacana Indonesia untuk memberikan status permanent resident atau penduduk tetap kepada diaspora Indonesia yang telah melepaskan kewarganegaraannya.
Baca juga: Media Singapura CNA Mewawancarai RadVoice Sebagai Narasumber
Tiga bulan kemudian, TRT World dari Turki juga mewawancarai Randy sebagai perwakilan dari dunia bisnis terkait relokasi ibu kota Indonesia dari Jakarta ke Kalimantan Timur.
Baca juga: RadVoice Menjadi Narasumber Media Turki TRT World
Tim RadVoice Semakin Besar
Di tahun ini, tiga profesional juga bergabung dengan RadVoice sebagai Digital Marketing Officer dan Content Writer.
Steven Nugraha bertugas memperkuat digital marketing RadVoice mulai 12 Agustus. Priska Sari Pratiwi lalu menyusul sebagai penulis konten RadVoice per 14 Oktober, yang kemudian diikuti oleh Adinda Pryanka sejak 16 Desember.
Seperti ungkapan klasik: stronger together. Lebih kuat bersama. Tim solid akan mendatangkan dampak yang lebih signifikan.
Semoga 2025 mendatangkan lebih banyak kesempatan bagi kita semua.
Ingin memperluas pengaruh Anda lewat media dan konten di 2025? Hubungi RadVoice sekarang.