Cara membuat copywriting yang lebih mudah diingat dan dikenang pelanggan memang susah-susah gampang. Copywriting berbeda dengan content writing. Seorang copywriter harus bisa menciptakan tulisan yang singkat serta mampu menggerakkan perasaan seseorang.
Kemudian, muncul pertanyaan baru. Bagaimana cara membuat copywriting yang diingat oleh pembaca? Menggunakan rima merupakan salah satu cara yang dapat dipilih untuk mencapai tujuan tersebut.
Cara membuat copywriting berima ini adalah pilihan yang baik. Bukan tanpa alasan, rima akan membentuk pola dan musikalitas sehingga merangsang otak seseorang untuk mengingatnya lebih mudah.
Cara Membuat Copywriting Berima
Lantas, bagaimana cara membuat copywriting berima agar mudah diingat audiens? Berikut ini beberapa caranya.
1. Tentukan Jenis Rima
Ada banyak jenis rima. Mulai dari rima sempurna, tak sempurna, dan mutlak. Menentukan jenis menjadi cara membuat copywriting berima yang perlu Anda lakukan terlebih dahulu. Dengan menentukan jenis rima yang akan dipakai, Anda akan lebih mudah menyusun kata-kata saat membuat copywriting.
2. Menggunakan Tools
Cara membuat copywriting berima selanjutnya adalah menggunakan tools. Bagi seorang copywriter atau penulis pada umumnya, perbendaharaan kata merupakan senjata yang sangat penting. Namun, terkadang ada kesulitan tersendiri bagi penulis untuk menemukan kata yang tepat dan efektif.
Untuk itulah pemanfaatan tools dapat dilakukan. Untuk membuat copywriting berima, Anda bisa menggunakan beberapa tools, seperti:
- Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) sebagai tempat dari seluruh kata-kata beserta artinya.
- Tesaurus Bahasa Indonesia untuk mencari kata dengan makna yang sepadan. Ketika kata yang kita pilih tak memiliki kata dengan akhiran yang serupa, kita mencari kata lain dengan arti mirip agar rimanya tetap terjaga.
3. Berlatih
Cara membuat copywriting berima selanjutnya adalah berlatih. Cara berlatih membuat rima paling efektif yakni dengan menyediakan satu kata lalu mencari sebanyak-banyaknya kata dengan akhiran yang serupa sehingga pola rima tetap terbentuk.
Misalnya: Anda akan menggunakan kata “konsumen”, maka Anda harus mencari kata sebanyak mungkin dengan bunyi yang serupa dengan kata tersebut. Seperti “turnamen”, “monumen”, dan yang lainnya. Lakukan dan ulangi cara tersebut sesering mungkin.
Kesimpulan
Banyak teknik membuat copywriting yang bisa Anda pelajari. Salah satunya menggunakan rima. Ada beberapa cara membuat copywriting berima yang bisa Anda lakukan, antara lain:
- Tentukan jenis rima
- Menggunakan tools menulis
- Berlatih
Menggunakan rima sebagai alat pembuatan copywriting merupakan upaya alternatif yang bisa dipakai untuk menciptakan tulisan indah dan memorable.
Semoga beberapa cara di atas bisa membantu Anda membuat copywriting yang baik. Selamat mencoba!