Table of Contents
Subscribe to Insights and Updates

3 Manfaat Advertorial untuk Bisnis, Salah Satunya untuk Edukasi Calon Konsumen

Pernahkan Anda membaca sebuah artikel yang sesuai dengan minat Anda, tetapi terselip iklan tersembunyi? Jika ya, Anda sedang membaca sebuah advertorial. Meskipun kerap menyebalkan, ternyata banyak manfaat advertorial untuk bisnis, lho!

Bagi pebisnis, advertorial adalah sebuah sarana untuk mempromosikan bisnis mereka. Jika Anda adalah pelaku bisnis, Anda bisa mempertimbangkan cara ini untuk meningkatkan penjualan.

Apa itu Advertorial?

Sebelum membahas manfaat advertorial untuk bisnis, Anda perlu tahu definisi dari advertorial. Seperti namanya, advertorial adalah gabungan dari kata advertising dan editorial

Advertorial termasuk dalam kategori soft selling, yaitu teknik pemasaran yang dilakukan secara halus, apik, dan membuat konsumen nyaman. Dengan begitu, pembaca tidak merasa dipaksa membeli. 

Menulis advertorial tidak sederhana, lho. Ada tips menulis konten soft selling yang perlu Anda pelajari sebelum membuat advertorial agar tepat sasaran.

Manfaat Advertorial dalam Bisnis

Setelah mengetahui apa itu advertorial, Anda perlu mengetahui manfaat advertorial untuk bisnis. Berikut ulasannya.

1. Meningkatkan Brand Awareness

Dikutip dari Indeed, brand awareness mengacu kepada sejauh mana konsumen dapat mengenali produk atau layanan jasa menggunakan logo perusahaan. Manfaat advertorial yakni untuk meningkatkan brand awareness dengan biaya lebih hemat dibandingkan dengan iklan tradisional.

Tidak seperti iklan biasa yang hard selling, iklan advertorial biasanya lebih menarik daripada iklan biasa. Judul dan kontennya dibuat menarik dan sesuai dengan kebutuhan target pasarnya.

2. Mengedukasi Calon Konsumen  

Manfaat advertorial untuk bisnis selanjutnya yaitu mengedukasi calon konsumen tentang keistimewaan suatu produk. Menurut Economic Times, karena advertorial mampu menarik perhatian pembaca, calon konsumen dapat meningkatkan pengetahuan mengenai produk tertentu kepada mereka.

Isi advertorial biasanya berupa suatu masalah atau topik yang didiskusikan dan diberi solusi. Solusi yang ditawarkan adalah kelebihan atau keuntungan tertentu dari produk atau layanan  jasa. Ini merupakan tujuan dari iklan advertorial: memberikan informasi dan solusi yang tepat kepada konsumen.

3. Meningkatkan Engagement dan Penjualan

Manfaat advertorial lainnya adalah untuk meningkatkan engagement dan penjualan. Ini merupakan strategi pemasaran yang kuat untuk mengubah prospek menjadi pelanggan yang bersedia membeli produk atau layanan Anda.

Setelah membaca advertorial Anda, pembaca akan merasa bahwa produk atau layanan yang dibahas akan memenuhi kebutuhan mereka. Hal ini dapat mengarah pada keputusan pembelian dan peningkatan keuntungan bagi bisnis Anda.

Salah satu kelebihan dari advertorial adalah konten berpotensi ditemukan setelah tanggal publikasi. Karena konten advertorial dapat disimpan sebagai artikel, hal ini memungkinkan Anda memperoleh calon konsumen bahkan beberapa bulan setelah materi iklan dipublikasikan.

Selain itu, advertorial yang dirancang dengan baik dapat menghasilkan lebih banyak prospek bisnis dengan harga yang lebih rendah daripada iklan biasa.

Kesimpulan

Advertorial adalah sebuah konten iklan untuk media yang disajikan dengan gaya jurnalistik dan bersifat soft selling. Manfaat advertorial bagi bisnis, antara lain:

  1. Meningkatkan brand awareness.
  2. Mengedukasi calon konsumen.
  3. Meningkatkan engagement dan penjualan.

Jika perusahaan dapat membuat konten yang disukai pembaca dan memberikan elemen promosi dengan cara yang halus, itu akan lebih menarik perhatian calon konsumen. Apakah Anda ingin mencoba beriklan dengan advertorial?

Get the latest updates delivered right to your inbox!
Having a problem? Email Us: hello@radvoice.id