Konten original menjadi salah satu kunci sukses sebuah situs. Mengapa demikian? Di luar sana, banyak sekali konten serupa yang dipublikasikan. Satu dan yang lainnya tidak jauh berbeda.
Jika sudah begini, bagaimana caranya agar konten Anda bisa menarik perhatian? Konten yang original, menghadirkan sesuatu yang baru, unik, serta terpercaya tentu bisa memenangkan persaingan ini.
Lantas, seperti apa konten original? Mengapa konten yang asli ini lebih disukai orang? Berikut ulasan lengkapnya.
Apa itu Konten Original?
Konten original adalah konten asli yang baru dan unik yang belum pernah dipublikasikan sebelumnya. Konten dapat terdiri dari segala jenis materi baik dalam teks, video, atau bentuk media lainnya.
Misalnya, postingan blog dianggap original jika belum pernah dipublikasikan secara online sebelumnya. Konsep video yang belum pernah ada sebelumnya juga masuk kategori konten yang dianggap original.
Kali ini, kami akan mengulas alasan mengapa konten original lebih disukai oleh audiens dan mesin pencari.
Alasan Konten Original Lebih Disukai
Berikut adalah tiga alasan mengapa konten original lebih disukai. Simak penjelasannya.
1. Meningkatkan Peringkat SEO dan Backlink
Alasan yang pertama adalah konten original bisa meningkatkan peringkat SEO dan backlink. Membuat konten asli adalah salah satu bagian penting dari strategi SEO yang sukses.
Konten dengan SEO yang baik adalah bagian penting untuk mendapatkan peringkat Search Engine Results Page (SERP) tinggi. Selain itu, peringkat SERP yang tinggi dapat menjaga situs Anda dapat terlihat di halaman terdepan mesin pencari seperti Google.
Jika ingin meningkatkan peringkat pencarian dan mendapatkan backlink tinggi, pastikan Anda menghasilkan konten asli yang berkualitas tinggi. Setiap kali seseorang menautkan kembali ke konten Anda sebagai sumber, mesin pencari menganggapnya sebagai reputasi baik bagi website.
Jika Anda terus menghasilkan konten asli yang berkualitas, Anda dapat mulai mendapatkan beberapa backlink yang sangat berharga di website lainnya. Hal ini dapat membantu Anda naik ke halaman pertama hasil pencarian di mesin pencari.
2. Meningkatkan Kredibilitas
Dikutip dari Edgy.com, konten original bisa meningkatkan kredibilitas. Menyampaikan konten unik dan berkualitas tinggi tentang topik yang jarang dibicarakan orang dalam industri Anda dapat memberi Anda keunggulan yang signifikan.
Strategi konten ini akan memungkinkan Anda untuk menunjukkan pengetahuan Anda tentang industri yang dipromosikan. Selain itu, konten otentik yang informatif juga dapat membantu Anda menunjukkan dan membagikan pengetahuan maupun meningkatkan kredibilitas dan kepercayaan audiens.
3. Meningkatkan Engagement
Dilansir dari Rock Content, cara terbaik untuk meningkatkan engagement adalah dengan menghasilkan konten yang original, cerdas, menghibur, dan informatif. Konten yang bagus dapat memancing orang untuk men-share atau membagikan link tersebut.
Jika konten Anda cukup sering dibagikan, engagement, penayangan, dan komentar dari audiens, baik lama maupun baru akan meningkat. Jika hal itu terjadi, artinya Anda sudah berhasil menjawab kebutuhan mereka.
Kesimpulan
Konten original adalah konten yang unik, fresh, bukan plagiat yang belum pernah diunggah sebelumnya. Ada 3 alasan mengapa konten asli lebih disukai oleh audiens maupun mesin pencari, yaitu:
- Meningkatkan peringkat SEO dan backlink
- Menciptakan kredibilitas
- Menarik audiens atau konsumen baru
Pemasaran konten original sangat penting untuk kesuksesan perusahaan Anda saat ini dan di masa depan. Untuk mendapatkan hasil maksimal dari strategi pemasaran konten Anda, konten yang original dan berkualitas dapat menjadi salah satu pendukung.